Jumat, 29 Maret 2024

Tiga Kecamatan di Surabaya Diprakirakan Terdampak Rob Saat Super New Moon

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi. Banjir rob.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya memprakirakan bakal terjadi banjir rob saat fenomena Super New Moon atau fase bulan baru.

Sutarno Prakirawan Stasiun Metereologi Maritim Tanjung Perak Surabaya mengatakan fenomena bulan baru itu juga bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut dari BMKG menyebut, rob berpotensi terjadi di Jatim selama delapan hari. Tepatnya pada Rabu (18/1/2023) besok hingga Rabu (25/1/2023) mendatang.

“Termasuk Surabaya, ada tiga kecamatan yang diprakirakan terdampak rob,” kata Sutarno, Selasa (17/1/2023).

Dampak dari Super New Moon tersebut diprediksi BMKG Maritim Tanjung Perak berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum

Sutarno melanjutkan, namun untuk pesisir Surabaya Raya, diprakirakan hanya berlangsung selama enam hari saja. Sedangkan tiga kecamatan yang terdampak banjir rob yaitu Kecamatan Bulak, Krembangan, dan Asemrowo.

Kata Sutarno, secara umum banjir rob berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Mulai aktivitas bongkar muat di pelabuhan, permukiman pesisir, hingga tambak, tambak garam, dan perikanan darat.

“Kawasan pesisir Surabaya Utara dan Timur yang diprakirakan terdampak rob. Masyarakat wajib mewaspadainya,” ungkapnya.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs