Minggu, 28 April 2024

Ubaya Raih Akreditasi Unggul dari BAN PT

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kampus Universitas Surabaya (Ubaya). Foto: Humas Ubaya

Universitas Surabaya (Ubaya) meraih predikat Unggul berdasarkan hasil akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) per tanggal 10 Januari 2023. Pencapaian ini melengkapi kebanggaan Ubaya yang memiliki program studi di Ubaya yang telah terakreditasi Unggul.

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 790/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/X/2020 tentang Peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi, Ubaya ditetapkan Unggul dengan nilai 367.

Gunawan Ph.D., Direktur Penjaminan Mutu dan Audit Internal Ubaya mengatakan, nilai ini telah melampaui standar minimal perguruan tinggi unggul yaitu dengan skor 361.

“Ubaya dinilai telah memenuhi empat kriteria unggul, yaitu rasio dosen, sistem penjaminan mutu, akreditasi program studi (prodi), dan publikasi ilmiah,” kata Gunawan dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (13/1/2023).

Gunawan menambahkan, Ubaya tak hanya unggul secara institusi, namun juga telah mendapat akreditasi Unggul di sembilan program studi. Di tahun 2021, Program Studi yang memperoleh akreditasi Unggul adalah S1 Teknik Kimia dan S1 Teknik Industri. Lalu di tahun 2022 dilanjutkan dengan Program Studi S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S2 Manajemen, S1 Farmasi, S2 Farmasi, Profesi Apoteker, serta S1 Ilmu Hukum.

Menanggapi hal ini, Dr. Yoan Nursari Simanjuntak, S.H., M.Hum., Dekan Fakultas Hukum Ubaya, menyebut proses pemenuhan akreditasi unggul tak lepas dari kinerja tiap program studi untuk mempertahakan mutu pendidikan.

“Dosen yang handal, mahasiswa berprestasi, sarana prasarana yang sangat memadai, serta kerjasama yang erat dengan berbagai lembaga dan juga alumni, menjadi satu kesatuan untuk mendukung proses pembelajaran. Itu pula yang menjadi komitmen Fakultas Hukum Ubaya,” ungkap Yoan.

Ia pun menjelaskan dengan adanya pembelajaran yang dilaksanakan dengan motto learning beyond the classroom, menjadikan proses belajar menyenangkan dan tetap bermutu.

Pencapaian yang didapat Ubaya dengan institusi dan prodinya yang unggul, dikatakan Dr. Benny Lianto Rektor Ubaya, bisa terwujud karena pelaksanaan aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terus ditingkatkan. Ia menyebut, standar kinerja dan budaya unggul sudah lama diterapkan di Ubaya dan telah menjadi tradisi.

“Sesuai dengan visi Ubaya yakni to be the first university in heart and mind, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar unggul nasional hingga level global dan internasional,” ujarnya. Benny menambahkan, target Ubaya ke depan adalah semua prodi bisa mendapat akreditasi unggul karena hampir semua prodi telah terakreditasi dan memiliki sertifikasi internasional.

Melalui kualitas pendidikan yang sudah unggul ini, Benny berharap Ubaya dapat menjadi perguruan tinggi swasta di Indonesia yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.

“Semoga pencapaian ini menjadi semangat bagi para civitas akademika untuk bekerja keras dan mempertahankan serta meningkatkan tradisi kerja unggul,” harapnya.(dgn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs