Sabtu, 15 Juni 2024

UC Jadi Kampus Swasta Terbanyak se-Jatim Kirim Mahasiswa di IISMA 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Beberapa mahasiswa Universitas Ciputra (UC) Surabaya yang lolos dalam International Student Mobility Awards (IISMA) 2023. Foto: Humas UC

Sebanyak 22 mahasiswa Unversitas Ciputra (UC) Surabaya berhasil lolos dalam International Student Mobility Awards (IISMA) 2023.

Gracia Ongkowijoyo Ketua Task Force IISMA UC 2023 menyatakan, jumlah mahasiswa yang lolos IISMA dari UC itu menjadikan kampus tersebut sebagai penyumbang mahasiswa terbanyak nomor satu di antara kampus swasta se Jawa Timur.

“Kiat sukses UC Surabaya untuk mempersiapkan dan mengantarkan mahasiswa menjadi IISMA Awardee 2023 membuahkan hasil, tiap tahun kami targetkan bertambahnya jumlah mahasiswa yang lolos,” ucapnya dalam keterangan yang diterima pada Kamis (1/6/2023).

Gracia mengatakan, keberhasilan itu merupakan bagian dari adanya sinergi yang dibangun dengan program studi dan alumni IISMA Awardee di tahun-tahun sebelumnya.

“Para alumni membagikan pengalaman bahkan tips perjuangan mereka sampai lolos. Mereka juga berbagi tips bagaimana dapat melakukan tugas dan tanggungjawab saat menjadi IISMA Awardee. Nah dari situlah mahasiswa terbuka wawasannya dan lebih siap saat melakukan wawancara,” jelasnya.

Begitu juga dengan persiapan, Gracia menyebut, telah dilakukan di awal bulan Februari 2023 dengan melakukan intern selection di UC sendiri.

“Kami punya resep untuk mempersiapkan dan membantu mahasiswa kami bisa lolos seleksi, di tahap final wawancara itu kami meloloskan 61 mahasiswa, semua yang kuliah di Universitas Ciputra pasti dibimbing secara khusus untuk IISMA,” jelasnya.

Dengan tips yang sudah dibagikan itu Gracia berharap, ke depannya banyak mahasiswa Indonesia mendapat kesempatan menjadi IISMA Awardee di tahun-tahun mendatang.

Selain itu, ia juga berharap kuota IISMA Awardee ke depan bisa bertambah, sehingga semakin banyak mahasiswa mempunyai kesempatan untuk belajar dan bereksplorasi secara Internasional.

Sebagai diketahui, universitas tujuan IISMA awardee dari UC Surabaya tersebut yakni, Hanyang University, South Korea ada dua mahasiswa, Humboldt Universitat zu Berlin, satu mahasiswa, Korea University, South Korea, satu mahasiswa, Maastriht University, Netherland satu mahasiswa, Nanyang Technological University, Singapore satu mahasiswa, Sapienza University, Italy dua mahasiswa, The University of Adelaide, Australia satu mahasiswa.

Dan juga University College Cork, National University of Ireland, UK-Ireland tiga mahasiswa, University College London, UK satu mahasiswa, University of California Davis, USA satu mahasiswa, University of Chicago, USA satu mahasiswa, University of Melbourne, Australia dua mahasiswa, University of York, UK satu mahasiswa, dan Western University, Canada dua mahasiswa.(ris/wld/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
26o
Kurs