Kamis, 2 Mei 2024

Ujian Praktik SIM C di Polrestabes Surabaya Sudah Tidak Pakai Jalur Angka 8 dan Zig-Zag

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Praktek SIM di sirkuit baru tanpa angka 8 dan zig-zag. Foto: Polrestabes Surabaya

Mulai hari ini, Jumat (4/8/2023), Polrestabes Surabaya sudah tidak menggunakan jalur angka delapan dan zig-zag dalam ujian pembuatan SIM C.

Keputusan itu selaras dengan perintah Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri untuk menyesuaikan layanan pembuatan SIM, berdasarkan kebutuhan berlalu lintas dan keselamatan di jalan raya.

“Tidak ada lagi yang menjadi momok masyarakat angka delapan dan zig-zag,. Tapi, tidak menghilanglan proses keterampilan pengendara,” ungkap AKBP Arif Fazlurrahman Kasat Lantas Polrestabes Surabaya saat mengudara di Radio Suara Surabaya.

Arif menjelaskan, cara pengemudi mengerem dan membelokan kendaraanya serta refleks pengemudi di jalan raya tetap diuji. Hanya saja menggunakan sirkuit ujian yang berbeda.

Selain itu, pemohon SIM yang datang hari ini untuk melaksanakan ujian ulang, kata Arief, akan disamakan dengan pemohon baru lainnya melalui metode dan sirkuit yang baru juga.

Lebih lanjut, pihaknya pun tetap menyediakan layanan coaching clinic kalau pemohon SIM masih gagal dalam ujian praktik.

Nantinya, pemohon SIM yang gagal akan mendapat pesan WhatsApp dari Satlantas Polrestabes Surabaya untuk mengikuti coaching clinic yang ada di lokasi SIM Cak Bhabin.

Kemudahan SIM Cak Bhabin itu dengan cara memberikan pelatihan di kecamatan terdekat, bekerja sama dengan pengemudi-pengemudi ahli sebagai pelatih yang tersertifikasi.

Selain itu, jika pemohon ingin belajar ujian teori, terdapat kode QR e-book E-Avis dari korlantas Polri yang disediakan di meja formulir, ruang tunggu dan di beberapa spot yang mudah terlihat. E-book itu diberikan secara gratis dan selalu disosialisasikan petugas.

Permintaan maaf juga disampaikan AKBP Arif karena selama tiga hari ini belum bisa melayani perpanjangan atau pencetakan SIM baru akibat adanya perbaikan (maintenance ) jaringan di pusat.

Perubahan ujian praktik SIM itu mendapat apresiasi dari para pemohon karena dirasa lebih realistis dan tetap edukatif.

“Kaget Pak, hari ini ujian praktiknya beda, tapi lebih mudah dan diberikan instruksi juga pelatihan di awal sebelum uji praktik,” ungkap Slamet pemohon SIM hari ini dalam sebuah keterangan yang diterima suarasurabaya.net. (bnt/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs