Selasa, 28 Mei 2024

Unesa Apresiasi Mahasiswanya yang Sumbang 16 Medali di SEA Games 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Beberapa atlet Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang berhasil menyumbangkan medali untuk Indonesia di ajang Sea Games 2023. Foto: Unesa

Dalam keberhasilan Indonesia meraih 277 medali di SEA Games 2023 Kamboja, yang 87 di antaranya emas, 80 perak dan 110 perunggu, terdapat atlet dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang turut berkontribusi.

Dwi Cahyo Kartiko Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Unesa menyatakan, perolehan medali dari atlet asal Unesa, jika dihitung berdasarkan nomor Cabang Olahraga (cabor) baik dari individu dan tim terdapat 16 medali yang dipersembahkan.

“Rinciannya yakni, lima medali emas dari cabor hockey indoor, renang sirip, sepak takraw, wushu dan triathlon, kemudian lima perak dari cabor renang sirip, aquathlon dan triathlon, serta enam perunggu dari cabor hockey outdoor, renang sirip, aquthlon dan triathlon,” katanya, pada Senin (22/5/2023).

Dengan prestasi yang turut membantu Indonesia meraih medali dalam ajang kompetisi olahraga di kancah Asia Tenggara tersebut, ia menyatakan pihak Unesa memberikan apresiasi khusus.

“Sebagai bagian dari komitmen lembaga, kami memberikan apresiasi khusus kepada atlet. Mereka sudah memberikan yang terbaik untuk daerah dan negara. Selanjutnya, kami yang memberikan yang terbaik untuk mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Amirullah Al Farizi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang yang merupakan atlet cabor renang sirip peraih tiga medali SEA Games, mengatakan keberhasilannya tersebut tidak lepas dari latihan keras yang ia jalani.

“Latihan harus rutin, apalagi ada percepatan pendelegasian atlet kontingen Indonesia, latihan harusnya delapan bulan dipangkas menjadi tiga bulan saja. Saya baru masuk tim pertengahan Februari dan hanya tiga bulan waktu untuk latihan,” ucapnya.

Dengan pencariannya tersebut, ia ingin dapat terus mempertahankan prestasinya dan membanggakan orang tua, universitas dan juga masyarakat Indonesia.

“Semoga ke depan, Indonesia semakin bisa menunjukkan kebolehannya di kancah Asia Tenggara bahkan dunia. Mudahan ke depan Indonesia bisa juara umum,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Daffa mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIKK Unesa yang meraih medali emas cabor wushu mengatakan, emas merupakan prestasi puncak bagi seorang atlet.

“Bisa meraih emas merupakan suatu kebanggaan tersendiri tentu bagi saya, keluarga, almamater dan negara Indonesia. Semoga ke depan Indonesia termasuk saya bisa mempertahankan prestasi dan bahkan bisa menjadi juara umum SEA Games,” tandasnya.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
32o
Kurs