Jumat, 3 Mei 2024

Unesa Borong Sembilan Penghargaan di Anugerah Diktiristek 2023

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Unesa meraih medali dalam Anugerah Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2023, Rabu (13/12/2023) malam. Foto: Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memboyong sembilan medali dalam Anugerah Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2023, Rabu (13/12/2023) malam di Jakarta.

“Kami rutin mendapatkan penghargaan Diktiristek. Terakhir tahun kemarin dapat sepuluh medali. Namun itu Unesa masih PTN-BLU. Nah, sekarang sudah jadi PTN-BH dan lawannya kampus “gajah-gajah’. Di luar dugaan, kami dapat lagi,” ucap Nurhasan Rektor Unesa dlaam keterangan resminya.

Adapun rincian medali yang diperoleh Unesa dalam anugerah bergengsi tersebut, untuk Anugerah Kerja Sama Diktiristek (AKD) kategori PTN-BH, Unesa meraih gold winner sub-kategori laporan kerja sama terbaik.

Kemudian, silver winner sub-kategori kerja sama dengan pemerintah dan NGO terbaik. Lalu bronze winner dalam sub-kategori kerja sama dengan industri terbaik. Pada Anugerah Humas Diktiristek (AHD), Unesa meraih gold winner pada sub-kategori majalah dan silver winner sub-kategori siaran pers.

Pada Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Unesa mendapat penghargaan sebagai peserta teraktif 1 (gold winner) sub-kategori perguruan tinggi dengan learning management system teraktif tingkat nasional tahun 2023.

Masih dalam kategori yang sama, Unesa lewat dosennya, Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd., menjadi peserta terbaik 1 (gold winner) sub-kategori mata kuliah dengan desain pembelajaran daring terbaik tahun 2023.

Selanjutnya, Unesa lewat Dr. Ir. Asrul Bahar, M.Pd., meraih silver winner pada Anugerah Prioritas Nasional kategori bidang ekonomi biru, sub-kategori TKDN.

Lalu, Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd., meraih bronze winner dalam Anugerah Riset, Teknologi dan PKM kategori Dosen Berprestasi (Sinta Award), sub-kategori dosen berprestasi dengan usia di bawah 40 tahun dengan Sinta score tertinggi periode 2020-2022.

Prestasi membanggakan ini tidak hanya menegaskan mutu dan keunggulan kampus ‘Rumah Para Juara’ di tingkat nasional, tetapi juga membuktikan kualitas Unesa yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri PTN-BH lainnya di Indonesia.

Artinya, dari aspek lembaga dan tata kelola sistem di dalamnya, Unesa baik untuk bidang kerja sama, akademik, layanan publik dan kehumasan diakui secara nasional oleh kementerian. Pun dari aspek personal kompetensi dan inovasi dosen Unesa juga direkognisi secara nasional.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi semua jajaran untuk terus bekerja lebih baik dan maksimal ke depan. Tantangan ke depan tidak mudah, karena itu kitalah yang harus lebih tangguh dan inovatif. Perolehan ini bahan bakar untuk mengukir jejak yang lebih baik lagi. Terima kasih kepada seluruh jajaran atas komitmen dan kerja kerasnya selama ini,” terang Cak Hasan, sapaan akrabnya. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs