Minggu, 28 April 2024

Cegah Peristiwa Berulang, Wali Kota Surabaya Minta Warga Bantaran Sungai Lebih Waspada

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Petugas gabungan menyisir sekitar lokasi dua balita tenggelam di Sungai Rolak Surabaya, Senin (26/6/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya minta warga yang tinggal di bantaran sungai lebih waspada untuk mencegah peristiwa tenggelam berulang. Masyarakat diminta berhati-hati terutama yang tinggal dekat dengan tepi sungai tanpa pembatas.

“Mitigasi sudah ditulis dilarang mancing, dilarang dolan (main). Mosok pemerintah kudu jogo nang kali ae (harus jaga di kali), dia (warga) kan mancing sendiri. Rolak kan ada pagarmya, (kebanyakan) orang-orang mencolot (loncat) pagar,” tutur Eri pada Rabu (28/6/2023).

Sementara beberapa ruas tepi sungai yang belum disertai pembatas, sambung Eri, susah dikomunikasikan dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas yang berwenang.

“Sudah kita koordinasi bagaimana pagar-pagar itu tetap ada. Sehingga sudah koordinasi dan BBWS akan pasang pagar. Catatannya sederhana, kalau dilarang mancing dan dilarang bermain, ya jangan dilanggar. Sudah ada tulisan dilarang tetap melanggar,” terangnya lagi.

Sekedar diketahui, peristiwa korban tenggelam di sungai seperti kejadian berulang di titik-titik sama. Sungai Rolak, Sungai Jagir Wonokromo, Sungai Kalimas, dan lainnya.

Terbaru, dua balita kakak beradik warga Kedurus Karangpilang dilaporkan tenggelam di Sungai Rolak Minggu (25/6/2023). Balita L (2 tahun) berhasil ditemukan satu setengah jam setelahnya dalam kondisi meninggal dunia. Sementara S (3 tahun) masih dalam pencarian.

Petugas gabungan belum berhasil menemukan san pencarian kembali dilanjutkan hari ini, Rabu (28/6/2023). (lta/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs