Kamis, 2 Mei 2024

24 Dokter FK Unusa Sandang First Taker Uji Kompetensi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pelantikan dan sumpah dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama ke-9 di Unusa Kampus B Surabaya, Selasa (27/2/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net Pelantikan dan sumpah dokter Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama ke-9 di Unusa Kampus B Surabaya, Selasa (27/2/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 24 dokter dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) berhasil menyandang first taker atau lulus saat pertama kali mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD).

dr Handayani Dekan FK Unusa mengatakan, dengan capaian tersebut, saat ini kelulusan first taker FK Unusa mencapai 97 persen, mengingat total dokter ada 26. Prsentase mahasiswa yang lulus first taker menurutnya menjadi tolok ukur keberhasilan dan mutu pembelajaran, serta menentukan penilaian akreditasi.

“Nilai baik jika angka kelulusan first taker lebih dari 75 persen. Karena itu, FK Unusa serius mempersiapkan mahasiswa program profesi agar lebih banyak yang bisa lulus sebagai fisrt taker,” katanya seusai pengambilan sumpah dan janji dokter ke-9 di Auditorium Unusa Kampus B Surabaya, Selasa (27/2/2024).

dr Handayani Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) saat berada di Auditorium Unusa Kampus B Surabaya, Selasa (27/2/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net
dr Handayani Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) saat berada di Auditorium Unusa Kampus B Surabaya, Selasa (27/2/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Handayani mengatakan, akreditasi prodi sarjana kedokteran sangat penting bagi lulusan dokter untuk mendaftar kerja maupun melanjutkan studi.

“Prodi sarjana kedokteran dan program studi profesi dokter FK Unusa, telah terakreditasi baik sekali. FK Unusa terus berusaha menyempurnakan kurikulum dan model pembelajaran, melengkapi SDM dan sarana prasarana untuk menyiapkan akreditasi Unggul,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa FK Unusa memberikan dukungan penuh dan kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih prestasi di berbagai bidang, baik itu akademik maupun non-akademik.

Dalam kesempatan itu, ia juga berharap agar seluruh mahasiswa FK Unusa yang resmi menyandang gelar dokter itu, bisa menjalankan amanah dengan baik.

“Semua menjadi bagian dari tenaga dokter Indonesia yang memikul tanggung jawab untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia,” katanya.

Seperti diketahui, dari seluruh peserta yang mengikuti janji dan sumpah dokter itu, beberapa merupakan lulusan yang pernah menjadi finalis litarature review, Ibnu Sina Medical Competition 2020 di Universitas Muslim Indonesia Makassar, peraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020, serta seorang atlet nasional ski air yang beberapa kali meraih prestasi di tingkat internasional.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs