Minggu, 28 April 2024

BPKAD Surabaya Targetkan 1.100 Tanah Aset Tersertifikasi di 2024

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Tanah aset Pemkot Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Surabaya menargetkan sebanyak 1.100 tanah aset milik pemerintah kota tersertifikasi pada tahun 2024 dan siap diperuntukkan menunjang kepentingan masyarakat.

“Total aset pemkot yang sudah tersertifikasi hingga saat ini sebanyak 5.312 aset. Kami terus kebut sisanya yang belum ada sertifikatnya,” ujar Wiwiek Widayati Kepala BPKAD Kota Surabaya seperti dilansir Antara, pada Jumat (1/3/2024).

Ia menyebut sertifikasi sudah dilaksanakan pemerintah kota sejak tahun lalu.

Sementara itu, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengatakan lokasi dan kelengkapan dokumen aset yang dimiliki terus dilakukan pendataan, kemudian dikoordinasikan bersama Kantor Pertanahan Surabaya I dan II, terkait teknis sertifikasinya.

“Nanti setelah itu BPN I dan BPN II akan bergerak cepat. Jadi, nanti yang belum-belum bersertifikat, kami siapkan datanya dan kami serahkan,” kata Eri.

Wali Kota Surabaya itu menyebut BPN telah menyampaikan komitmennya untuk membantu. Namun hal itu harus dibarengi adanya surat pertanggungjawaban terkait detail keterangan penguasaan lahan.

“Memang ada aset-aset yang kalau tidak diambil kebijakan oleh Pak Kanwil dan Pak BPN, tidak keluar-keluar sertifikasi aset tersebut sehingga ada solusi-solusi yang dilakukan. Dan yang paling penting tidak melanggar peraturan serta perundang-undangan berlaku,” tutur Cak Eri, sapaan akrabnya.

Selain itu, dia mengatakan beberapa lahan aset yang sudah memiliki sertifikat telah dimanfaatkan untuk pemberdayaan maupun dijadikan sebagai lokasi berkegiatan masyarakat.

Namun, pelaksanaan program dilakukan bertahap, sebab pemkot terlebih dahulu melakukan pendalaman terkait kebutuhan warga yang nantinya diimplementasikan di lahan aset tersebut.

“Jadi yang menggerakkan di sana dan mengelola di sana nanti adalah warga. Lalu penghasilannya masuk ke warga sendiri,” tandasnya. (ant/ike/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs