Minggu, 28 April 2024

Cuaca Hari ini, BMKG: Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi, hujan disertai angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memberi peringatan dini agar mewaspadai cuaca hujan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang sesaat pada Jumat (29/3/2024) hari ini.

Cuaca ekstrem ini diprakirakan terjadi pada pagi hari di wilayah Mojokerto, Nganjuk, Pacitan, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

“Sedangkan pada siang-Sore hari di wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Kediri, Malang, Pasuruan, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo,” demikian keterangan dari BMKG Juanda yang diterima suarasurabaya.net, Jumat.

Namun secara umum prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur dan sekitarnya Jumat hari ini pada pagi hari cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Sedangkan pada siang-sore hari diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Malam hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan-sedang. Untuk dini hari diprakirakan cerah, berawan, dan berkabut.

Suhu udara berkisar 15-34 derajat Celcius, kelembapan udara 50-100 persen, dan angin dominan dari tenggara – timur dengan kecepatan 05-30 km/jam.

Sementara itu prakiraan dari BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya pada Jumat (29/3/2024), secara umum berawan dengan potensi hujan ringan dapat terjadi di beberapa wilayah perairan Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari arah Timur – Tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 12 knots (22 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 14 knot (26 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-0.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.5-1.3 meter.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs