Kamis, 16 Mei 2024

Cuaca Sepekan Jelang Lebaran Diprakirakan Hujan Ringan hingga Sedang

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi sebuah motor yang melintas di jalan raya ketika hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca hujan ringan hingga sedang mendominasi sepekan menjelang Lebaran.

“Jika kita lihat, hujan sedang ini bisa berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem. Sedangkan untuk periode 10 hingga 16 April 2024 sudah mulai agak mereda,” kata Guswanto Deputi Bidang Meteorologi BMKG dilansir Antara pada Rabu (3/4/2024).

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, kondisi cuaca periode 3 hingga 9 April 2024 diprakirakan didominasi hujan ringan hingga sedang, di antaranya wilayah Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Di sisi lain, kata Guswanto, beberapa wilayah di Indonesia mulai mengalami peralihan dari musim hujan ke kemarau, meliputi sebagian Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau bagian Utara, sebagian kecil Jawa Barat bagian Selatan, sebagian Sulawesi Tengah dan sebagian Maluku Utara.

Selain dari wilayah tersebut, wilayah Indonesia umumnya masih mengalami musim hujan.

Dikatakan Guswanto, pada 22 hingga 23 Maret 2024 sudah terjadi perubahan arah mata angin dari angin baratan menjadi angin timuran yang berpotensi memicu gelombang tinggi perairan berkisar 1,24 hingga 2,5 meter di Samudera Hindia bagian selatan.

“Perlu diwaspadai di Selat Sunda sekitar Pelabuhan Merak dan perairan Ketapang-Gilimanuk (Selat Bali),” katanya.

Guswanto menambahkan, salah satu upaya BMKG dalam menghadapi cuaca ekstrem selama periode Lebaran adalah dengan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs