Minggu, 16 Juni 2024

Hujan Petir Diprakirakan Landa Sebagian Kota Besar Indonesia Hari Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan disertai petir akan melanda sebagian wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Kamis (2/5/2024).

Dilansir dari Antara, ibu kota provinsi yang berpotensi hujan disertai petir pada siang hari ini yakni Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Pontianak, Banjarmasin, Tanjung Pinang, dan Padang.

Sementara pada malam hari nanti, wilayah Jakarta Pusat, Padang, Bengkulu, dan Palembang juga diprediksi hujan disertai petir. Sedangkan Kota Medan diprediksi hujan dengan intensitas lebat pada siang hari ini.

Lalu beberapa wilayah yang juga diprediksi akan mengalami hujan ringan, di antaranya Banda Aceh, Palangkaraya, Kota Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, dan Manado.

Sedangkan hujan dengan intensitas sedang akan melanda wilayah Kendari dan Bandung.

Sementara itu, beberapa wilayah diprediksi berawan pada siang hari ini, diantaranya Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Semarang, Bandar Lampung, Ternate, Mataram, Mamuju, dan Palembang.

Wilayah Samarinda, Pangkal Pinang, dan Ambon diprediksi berawan tebal, sedangkan Kupang, Tarakan, dan Denpasar diprediksi cerah berawan.

Kemudian Kota Surabaya diprediksi cerah dengan suhu 26-35 derajat celcius.

Berdasarkan informasi perkembangan musim BMKG, diketahui bahwa sekitar 63 persen wilayah zona musim diprediksi mengalami awal musim kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024.

Guswanto Deputi Bidang Meteorologi BMKG mengemukakan bahwa dalam sepekan ke depan, BMKG mengidentifikasi masih adanya potensi peningkatan curah hujan secara signifikan, yakni di sebagian besar Sumatera, Jawa bagian barat dan tengah, sebagian Kalimantan dan Sulawesi, Maluku dan sebagian besar Papua.

“Potensi hujan signifikan terjadi karena kontribusi dari aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial, serta kondisi suhu muka laut yang hangat pada perairan wilayah sekitar Indonesia,” ujar Guswanto. (ant/sya/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs