Jumat, 19 Juli 2024

Jemaah Haji Indonesia Gelombang Pertama Bersiap Pulang ke Tanah Air

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Jemaah berkerumun di pelataran Masjidil Haram di Kota Makkah, Arab Saudi pada Senin (10/6/2024). Foto: Restu Indah suarasurabaya.net

Jemaah Haji Indonesia gelombang pertama saat ini tengah mempersiapkan kepulangan ke Tanah Air setelah menjalani ibadah haji selama hampir 40 hari di Tanah Suci.

Menurut data resmi Kementerian Agama, jumlah total jemaah haji Indonesia tahun ini mencapai 241.000 orang, terdiri dari 213.320 jemaah reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Kepulangan jemaah haji akan dilakukan dalam dua gelombang yang terjadwal.

Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam keterangan resminya menyebutkan, jadwal kepulangan jemaah telah diatur secara bergelombang.

Gelombang pertama dimulai dari Jeddah pada tanggal 22 Juni hingga 3 Juli 2024. Sementara gelombang kedua akan dipulangkan dari Madinah, dimulai dari tanggal 4 hingga 21 Juli 2024.

Kabar baik datang untuk embarkasi Surabaya. Akan ada sebanyak 106 kloter pulang ke Indonesia mulai 22 Juni mendatang.

Walau terdapat sedikit kebingungan terkait batasan berat bagasi yang dibawa pulang oleh jemaah haji, data resmi menegaskan koper besar memiliki batasan berat 32 kilogram dan tas kecil atau tas tenteng tujuh kilogram.

Jemaah juga dilarang keras membawa Air Zam-zam dalam koper besar. Meski banyak jemaah haji menganggap Air Zam-zam sebagai berkah yang luar biasa, pihak berwenang tetap menegaskan larangan itu untuk menjaga ketertiban.(rst/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
31o
Kurs