Kamis, 2 Mei 2024

Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo Emban Tugas Pangkoarmada II, Siapkan Alutsista-Pangkalan Upacara di IKN

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto Panglima Koarmada RI memeriksa pasukan sebelum upacara sertijab pergantian Panglima Koarmada II, Rabu (6/3/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto Panglima Koarmada RI memeriksa pasukan sebelum upacara sertijab pergantian Panglima Koarmada II, Rabu (6/3/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo resmi menjabat sebagai Panglima Koarmada II, usai dilantik hari ini pada Rabu (6/3/2024).

Ia menggantikan Laksamana Madya TNI Denih Hendrata melalui serah terima jabatan (sertijab) yang digelar di Dermaga Madura, Ujung, Koarmada II.

Pantauan suarasurabaya.net Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto Panglima Koarmada RI memimpin jalannya upacara sertijab sejak pukul 08.30 WIB.

Herru minta Ariantyo langsung fokus mendukung rencana besar Joko Widodo Presiden RI menyiapkan alat utama sistem senjata tentara nasional Indonesia (alutsista), pangkalan, dan pendukungnya untuk upacara kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 mendatang.

“Sudah ada program yang disusun mabes AL di Armada II akan lebih fokus menggelar operasi, mendukung yang dicanangkan presiden karena wilayah Kalimantan masuk tanggung jawab Koarmada II dalam aspek pengamanan Laut Kalimantan khususnya IKN, jadi tanggung jawab Panglima Koarmada II. Kita akan menyiapkan unsur alutsista pangkalan dan pendukungnya untuk melaksanakan kegiatan 17 Agustus rencana upacara di IKN,” bebernya usai upacara sertijab, di Dermaga Ujung Koarmada II.

Prosesi serah terima jabatan pergantian Panglima Koarmada II dipimpin Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto Panglima Koarmada RI, Rabu (6/3/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Herru juga berharap, Ariantyo bisa melanjutkan tugas yang sudah dirintis Denih selama ini. Termasuk memperluas sinergitas dengan internal maupun eksternal.

“Teruskan tugas yang telah dirintis pejabat sebelumnya, pegang teguh sapta marga dan sumpah prajurit. Serta tingkatkan soliditas dan sinergitas di internal TNI Angkatan Laut dengan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, dengan Polri, pemerintah daerah, maupun dengan instansi lain, dan masyarakat,” katanya saat menyampaikan amanat inspektur upacara.

Ia juga menitip pesan penting pada Ariantyo, agar memastikan semua prajurit bermanfaat untuk masyarakat.

“Dan ciptakan kehadiran prajurit Koarmada II di manapun bertugas terus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” imbuhnya.

Pasukan drumband memasuki lapangan Dermaga Ujung Koarmada II menjelang upacara sertijab pergantian Panglima Koarmada II, Rabu (6/3/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Terakhir, ia mengapresiasi kinerja Denih yang sudah menuntaskan tugasnya sebelum resmi digantikan hari ini.

“Selamat untuk Pak Denih mengabdi di tempat baru Koarmada RI. Selama ini Pak Denih sudah banyak melakukan perubahan-perubahan, sehingga Koarmada II bisa menunjukkan eksistensi dan Koarmada RI merasa terbantu program-programnya sudah direalisasikan,” imbuhnya.

Ke depan, tak hanya fokus Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai wilayah tanggung jawab Koarmada II, tapi juga akan ada peningkatan di segala bidang.

“Kita berharap Pak Ariantyo bisa merealisasikan apa yang sudah dicanangkan dan dikerjakan Pak Denih, sehingga bidang opsla, operasi, pembinaan alutsista, dan personel bisa ditingkatkan pada 2024 ini,” tandasnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs