Minggu, 16 Juni 2024

Lamborghini Tarik Kembali Ribuan SUV Urus, Ada Masalah pada Kap Mesin

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Lamborghini SUV Urus. Foto: Lamborghini

Pabrikan otomotif asal Italia, Lamborghini dikabarkan menarik kembali (recall) kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) Urus mereka dikarenakan kap mobil bisa terangkat secara sendirinya akibat tekanan dari kecepatan kendaraan tersebut.

CarsCoops pada Jumat (24/5/2024) seperti dilansir Antara mengabarkan bahwa dalam kasus ini, Lamborghini setidaknya harus menarik kembali atau memeriksa sekitar lebih dari 2 .100 unit dan akan mengganti suku cadang yang bermasalah jika memang diperlukan.

Secara total keseluruhan, Lamborghini mengatakan setidaknya sebanyak 2.133 unit SUV Urus tipe S dan Performance harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Meski begitu, Lamborghini meyakini setidaknya hanya 2 persen saja dari populasi tersebut yang bermasalah.

Masalah dari penarikan ini, dikarenakan adanya paku keling. Komponen tersebut dirancang untuk berubah bentuk sebagai bagian dari operasinya. Jika tidak, potensi masalah akan muncul.

Pabrikan yang banyak menghasilkan kendaraan sport itu mengatakan, kejadian ini mungkin dikarenakan terdapat angin atau udara antara kap mesin dan bemper yang menyebabkan kap mesin dapat terbuka ketika kendaraan berkecepatan tinggi.

Kap mesin bisa terangkat dengan sendirinya ini, dialami pada kecepatan di atas 94 mph (151 km/jam), aliran udara yang masuk dapat menyebabkan kaitnya tidak berfungsi.

Oleh karena itu, penarikan kembali yang diajukan ke NHTSA mengharuskan semua mobil yang berpotensi terkena dampak untuk datang dan di diservis lebih lanjut.

Teknisi Lamborghini akan memeriksa bagian tersebut dan memperbaikinya atau memasang pelat penyangga yang dianggap bermasalah secara gratis.

Produsen mobil tersebut mengatakan bahwa beberapa pemilik mungkin melihat adanya ketidaksejajaran kecil antara kap mesin dan spatbor yang mengindikasikan adanya masalah.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
29o
Kurs