Senin, 17 Juni 2024

Lautan Massa Buruh di Sekitar Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Ditutup Total untuk Umum

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Buruh membentangkan bendera merah putih sepanjang sekitar 10 meter sebelum orasi May Day di Kantor Gubernur Jatim, Rabu (1/5/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ribuan massa buruh mengepung Kantor Gubernur Jawa Timur Jalan Pahlawan Kota Surabaya dalam aksi unjuk rasa peringatan
Hari Buruh Internasional atau May Day, Rabu (1/5/2024).

Pantauan suarasurabaya.net pukul 15.00 WIB, massa aksi tiba berangsur-angsur dari dua arah, Jalan Kebon Rojo dan lawan arah dari Jalan Kramat Gantung.

Sebagian menaiki kendaraan truk, mobil, dan motor, lainnya long march membawa bendera merah putih sepanjang sekitar sepuluh meter yang dibentangkan.

Kedatangan ribuan buruh di depan kantor Gubernur Jatim membuat Jalan Pahlawan seperti lautan manusia.

Arus lalu lintas di Jalan Pahlawan langsung ditutup total untuk umum karena jalan dipenuhi massa pendemo.

Salah satu tuntutan buruh pendemo di Kantor Gubernur Jatim, menolak upah murah, Rabu (1/5/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sebelumnya diberitakan, Nuruddin Hidayat Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) FSPMI Jatim mengatakan, gabungan kelompok buruh berjumlah sekitar 20.000 orang dari ring 1 Jatim, yakni Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, dan Mojokerto.

“Selain dari daerah Ring 1 itu, beberapa serikat pekerja atau buruh di Kabupaten Kota juga turut mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kegiatan aksi demonstrasi di Kota Pahlawan, di antaranya dari Lamongan, Tuban, Jombang, Malang, Probolinggo, Jember, Lumajang, dan Banyuwangi,” katanya kepada suarasurabaya.net, Selasa (30/4/2024) kemarin.(lta/saf/rid)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
28o
Kurs