Selasa, 25 Juni 2024

Massa Buruh Mulai Geser dari Patung Kuda Monas ke GBK

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Buruh berjalan menuju Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2024). Ada dua titik konsentrasi sekitar 50 ribu buruh se Jabodetabek dalam peringatan hari buruh internasional yakni Patung Kuda Monas dan GBK. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Ribuan buruh yang dari pagi menggelar aksi di Patung Kuda Monas atau sekitar Jalan Merdeka Barat dan Selatan, Jakarta Pusat, mulai bergeser ke Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Rabu (1/5/2024) siang.

Dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2024, mereka geser ke GBK dengan long march, menggunakan bus dan juga motor.

Setelah massa buruh bergeser, para petugas kebersihan DKI Jakarta mulai melakukan pembersihan sampah-sampah yang berserakan di sekitar Monas.

Organisasi buruh yang terlibat dalam aksi May Day hari ini di antaranya Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Partai Buruh pun juga ikut menyemarakan suasana hari buruh ini.

Sekadar diketahui, terdapat dua isu utama yang akan disusung dalam aksi ini. Pertama, Cabut Omnibus law UU Cipta Kerja. Sedangkan isu yang kedua adalah HOSTUM: Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah.

“Untuk May Day Fiesta, diselenggarakan di stadion madya Senayan dan diisi oleh orasi-orasi. Di antaranya adalah orasi kebangsaan Presiden Partai Buruh dan orasi pimpinan serikat buruh,” ujar Said Iqbal Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI, Rabu siang.

Melalui momentum Hari Buruh Internasional ini, Partai Buruh dan KSPI berharap Prabowo Subianto Calon Presiden Republik Indonesia terpilih dalam kebijakannya memperhatikan dua isu utama yang disuarakan sebagaimana tersebut di atas.(faz/rid)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
25o
Kurs