Minggu, 21 Juli 2024

Patung Kuda Monas dan Jalan Thamrin Jakarta Dipadati Ribuan Buruh

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan long march di jalan Thamrin Jakarta Pusat dalam rangka May Day atau Hari Buruh Internasional, Rabu (1/5/2024). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2024 di Jakarta terkonsentrasi di Patung Kuda Monas dan Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan pada Rabu (1/5/2024).

50 ribuan buruh se Jabodetabek pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB sampai siang pukul 12.30 WIB melakukan aksi Long March dan orasi di patung kuda dan sekitar jalan Thamrin.

Mereka membawa poster, spanduk, dan bendera masing-masing organisasi buruh dalam aksinya hari ini.

Sambil menunggu pukul 12.30 WIB, massa aksi buruh melakukan long march dari Patung Kuda atau jalan Merdeka Barat menuju ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) kemudian kembali lagi ke Patung Kuda.

Massa buruh melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Jalan Thamrin, Rabu (1/5/2024). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Sementara di Patung Kuda, setiap organisasi buruh melakukan orasi sendiri-sendiri sambil mendengarkan musik dengan suara keras untuk menyemarakkan hari buruh Internasional.

Organisasi buruh yang terlibat dalam aksi May Day hari ini di antaranya Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Partai Buruh pun juga ikut menyemarakan suasana hari buruh ini.

Sekadar diketahui, terdapat dua isu utama yang akan disusung dalam aksi ini. Pertama, Cabut Omnibus law UU Cipta Kerja. Sedangkan isu yang kedua adalah HOSTUM: Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah.(faz/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
24o
Kurs