Minggu, 21 Juli 2024

50 Ribu Buruh Jabodetabek akan Gelar Aksi May Day Rabu Besok

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Said Iqbal Presiden KSPI dalam aksinya di depan Gedung DPR RI Senayan Jakarta. Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net Said Iqbal Presiden KSPI dalam aksinya di depan Gedung DPR RI Senayan Jakarta. Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Partai Buruh bersama Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan aksi May Day atau peringatan Hari Buruh Internasional pada tanggal 1 Mei 2024 dengan jumlah peserta aksi sebanyak 50 ribu orang yang berasal dari Jabodetabek.

Menurut Said Iqbal Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI aksi akan dilakukan di Istana dari pukul 9.30 sampai dengan 12.30 WIB.

“Setelah itu, pukul 12.30 massa aksi 50 ribu buruh akan bergerak dari Istana ke Istora Senayan untuk merayakan May Day Fiesta,” ujar Said Iqbal dalam keterangannya, Selasa (30/4/2024).

Disampaikan, aksi May Day ini juga akan dilakukan serempak di seluruh Indonesia dengan melibatkan total ratusan ribu buruh, antara lain di Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Batam, Medan, Banda Aceh, Palembang, Padang, Bengkuku, Pekanbaru, Jambi, Lampung, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Pontianak, Makassar, Konawe, Morowali, Gorontalo, Ambon, Ternate, Jayapura, Mimika, Lani Jaya, Tolikara, dan lain sebagainya.

Terdapat dua isu utama yang akan disusung dalam aksi ini. Pertama, Cabut Omnibus law UU Cipta Kerja. Sedangkan isu yang kedua adalah HOSTUM: Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah.

“Untuk May Day Fiesta, akan diselenggarakan di Istora Senayan dan diisi oleh orasi-orasi. Di antaranya adalah orasi kebangsaan Presiden Partai Buruh dan orasi pimpinan serikat buruh,” ujarnya.

Melalui momentum Hari Buruh Internasional ini, Partai Buruh dan KSPI berharap Prabowo Subianto Calon Presiden Republik Indonesia terpilih dalam kebijakannya memperhatikan dua isu utama yang disuarakan sebagaimana tersebut di atas.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
24o
Kurs