Sabtu, 27 Juli 2024

Menkes Belum Teken Penghapusan Kelas BPJS Kesehatan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Joko Widodo Presiden (dua kanan) didampingi Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (dua kiri) dan Pratikno Mensesneg (kanan) memberikan keterangan saat meninjau BLUD Rumah Sakit Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) mengaku belum menandatangani terkait dengan wacana penghapusan program Kelas 1, 2, dan 3 di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menkes Budi Gunadi saat ditemui di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa, mengatakan ia belum menerima lampiran draf wacana penghapusan Kelas di BPJS Kesehatan. Namun, begitu ia mendapatkan draf tersebut akan langsung menandatanganinya.

“Masuk ke saya saja belum, sudah ditanyakan. Kalau sudah masuk, langsung akan ditandatangan,” kata Budi Gunadi Menkes saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konawe, dilansir Antara pada Selasa (14/5/2024).

Meski begitu Budi Gunadi Menkes menyebutkan wacana tersebut sebenarnya bukan untuk menghapus program kelas BPJS Kesehatan, namun untuk lebih disederhanakan dan mengangkat kualitas standar layanan kesehatan.

“Jadi, itu bukan dihapus, standarnya disederhanakan dan kualitasnya diangkat. Jadi itu ada kelas tiga kan sekarang, semua naik ke kelas dua dan kelas satu. Jadi sekarang lebih sederhana dan layanan masyarakat lebih bagus,” sebut Budi Gunadi Menkes.

Ia juga menambahkan bahwa Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) terkait hal tersebut akan keluar setelah ditandatangani Presiden Jokowi.

“Nanti Permenkesnya sebentar lagi keluar, sesudah Pak Presiden tanda tangan,” ujarnya.

Joko Widodo Presiden (dua kanan) didampingi Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (tiga kiri) dan Andap Budhi Revianto Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (kanan) saat meninjau BLUD Rumah Sakit Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Diketahui Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Sultra dan meninjau RSUD Kabupaten Konawe.

Presiden Jokowi mengatakan ia terus melakukan peninjauan terhadap fasilitas kesehatan di berbagai daerah di Indonesia dan RSUD Konawe tidak luput dari peninjauan tersebut.

“Kembali saya meninjau rumah sakit, sudah beberapa kali saya masuk ke Rumah Sakit Daerah dan yang ini, pagi hari ini, saya masuk ke RS Daerah di Kabupaten Konawe,” pungkas Jokowi usai melakukan kunjungan di RSUD Kabupaten Konawe.  (ant/ike/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 27 Juli 2024
26o
Kurs