Jumat, 19 Juli 2024

Menparekraf Ajak Masyarakat Berwisata di Dalam Negeri karena Lebih Terjangkau

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Tanah Lot menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para pelancong ketika berkunjung ke Pulau Bali. Foto: Kemenparekraf

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengatakan, masyarakat di Indonesia dapat berwisata di Indonesia saja di tengah tren melemahnya rupiah terhadap dolar AS.

Ia menyebut, biaya berwisata di dalam negeri terhitung lebih terjangkau sehingga kebutuhan untuk menyegarkan pikiran atau refreshing dapat tetap terpenuhi.

“Untuk wisatawan dalam negeri, banyak wisata di sekeliling kita yang bisa kita jangkau, di saat kantong kita sedikit kering, tapi kita harus terus refreshing yang menghilangkan pusing,” ujarnya dilansir dari Antara pada Senin (24/6/2024) malam.

Adapun saat ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mencapai Rp16.394 pada Senin sore.

Dengan berwisata di Tanah Air serta membeli produk UMKM dalam negeri, Sandiaga menyebut masyarakat turut andil membantu perekonomian dalam negeri dan dapat menekan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang meningkat.

Sandiaga juga mengungkapkan telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menambah jumlah penerbangan termasuk penerbangan langsung dari mancanegara ke Indonesia.

Sehingga dapat merangsang peningkatan kunjungan wisman ke Indonesia dan menghasilkan sumbangan devisa bagi negara dari sektor pariwisata.

Jumlah penerbangan dari negara lain yang diusulkan rencananya meliputi Australia, India dan Rusia.

“Dan dengan penerbangan langsung, maka kita akan bisa menambah jumlah wisatawan dan kita akan pastikan bahwa wisatawannya itu berkualitas. Termasuk dari hub Timur Tengah dan Asia Utara,” ujarnya. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
31o
Kurs