Kamis, 30 Mei 2024

Mobil Baru di Uni Eropa Wajib Memiliki Black Box pada Juni Nanti

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Uni Eropa menerapkan aturan yang mengharuskan semua mobil baru wajib memiliki Perekam Data Peristiwa (EDR) mulai Juni 2024. Foto: Unsplash Ilustrasi - Uni Eropa menerapkan aturan yang mengharuskan semua mobil baru wajib memiliki Perekam Data Peristiwa (EDR) mulai Juni 2024. Foto: Unsplash

Pemerintahan Uni Eropa akan menerapkan aturan baru yang mengharuskan semua mobil baru yang terdaftar di UE wajib memiliki Perekam Data Peristiwa (EDR) mulai Juni 2024.

Dilansir dari Antara, EDR yang biasa disebut sebagai black box (kotak hitam) di pesawat terbang, akan menyimpan data penting kendaraan.

Apabila terjadi kecelakaan, para ahli dapat menggunakan data tersebut untuk mendapatkan wawasan berharga mengenai penyebab dan perkembangan kecelakaan tersebut.

Awalnya, peraturan ini telah berlaku sejak 6 Juli 2022 yang lalu melalui peraturan PBB No. 160, yang mensyaratkan EDR dalam semua pengembangan kendaraan baru.

Namun, mulai 7 Juli 2024, persyaratan ini akan diperluas tidak hanya mencakup kendaraan yang baru dikembangkan tetapi juga semua mobil penumpang dan kendaraan niaga ringan yang baru didaftarkan.

EDR dapat ditemukan di modul kontrol airbag dan terus merekam banyak data kendaraan. Data ini hanya disimpan secara permanen ketika sensor tertentu mendeteksi kecelakaan atau kondisi berkendara tidak biasa yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Nantinya, data yang direkam dapat disimpan dalam jangka waktu sekitar 300 milidetik sebelum dan sesudah peristiwa pemicu itu terjadi. Selain itu, data ini terbagi dalam tiga kategori, yaitu: informasi dinamika kendaraan sebelum kecelakaan, setelah kecelakaan, dan informasi sistem pengekangan.

Mengakses data ini juga memerlukan peralatan khusus yang terhubung ke EDR melalui antarmuka OBD.

Namun, akses ke EDR tunduk pada pembatasan yang ketat dan biasanya memerlukan perintah pengadilan karena Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) yang mengatur data yang disimpan di UE. (ant/sya/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
32o
Kurs