Kamis, 13 Juni 2024

Negara G7 Capai Kesepakatan Tutup PLTU Batu Bara pada 2035

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Aktivitas di sebuah tambang batu bara. Foto: Pixabay

Para menteri energi kelompok G7 pada Senin (29/4/2024) telah berkomitmen untuk menutup pembangkit listrik tenaga batu bara paling lambat pada 2035.

“Kami memiliki kesepakatan untuk menghentikan penggunaan batubara secara bertahap pada paruh pertama tahun 2030-an,” kata Andrew Bowie Menteri Inggris di Departemen Keamanan Energi dan Net Zero, dikutip Antara pada Selasa (30/4/2024).

Mengacu pada konferensi perubahan iklim PBB, keputusan itu dinilai berpotensi memberikan contoh global dalam memerangi krisis iklim, demikian lapor media.

“Ini adalah perjanjian bersejarah, sesuatu yang tidak dapat kami capai pada COP28 di Dubai tahun lalu,” tambahnya.

“Kehadiran negara-negara G7 untuk menyampaikan sinyal tersebut kepada dunia bahwa kita, negara-negara maju berkomitmen untuk menghentikan penggunaan batubara pada awal tahun 2030-an. Sungguh luar biasa,” tambahnya.

Menurut Gilberto Pichetto Fratin Menteri Energi Italia, para menteri yang hadir diperkirakan akan menyelesaikan perjanjian tersebut pada Selasa (30/4/2024).

Sementara Departemen Luar Negeri AS menolak membahas perjanjian yang dilaporkan tersebut.

Pemerintahan Biden pekan lalu meluncurkan peraturan penting yang bertujuan mengurangi emisi berbahaya dari pembangkit listrik, yang mewajibkan fasilitas batubara dan gas alam baru untuk mengurangi 90 persen polutan iklim pada 2032.

Peraturan tersebut diperkirakan akan mengurangi emisi karbon dioksida dari sektor tersebut sebesar 75 persen, dibandingkan tingkat pada tahun 2005.

Aturan tersebut akan berlaku jika Biden memenangi pemilihan kembali pada musim gugur ini.

Jika saingannya, Donald Trump, berhasil kembali ke Ruang Oval, mantan presiden tersebut telah berjanji untuk mengakhiri program-program untuk melawan pemanasan global, yang dia sebut sebagai hoaks. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 13 Juni 2024
25o
Kurs