Minggu, 16 Juni 2024

Pelepasan 2.568 Lampion Balon Meriahkan Perayaan Waisak di Kota Mojokerto

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Lilin menyala dan lampion yang menyinari di sekitar Patung Buddha di Chonburi, Thailand. Foto: Getty Images

Sebanyak 2.568 lampion balon akan dilepaskan dalam Festival Lampion Balon Wasiak Majapahit 2024 yang digelar di Alun-alun Kota Mojokerto pada Kamis (23/5/2024) malam.

Festival Lampion Balon Wasiak Majapahit 2024 merupakan event yang digelar oleh Wihara Buddhayana Mojokerto bersama Sahabat Sosial Berbagi Mojokerto untuk merayakan Hari Raya Waisak 2568 BE/2024.

Darmanto Anam Muliawan Ketua Panitia Festival Lampion Balon Wasiak Majapahit 2024 menjelaskan, jumlah lampion balon yang dilepaskan sesuai dengan tahun Buddhis Era (BE).

“Kami gunakan lampion balon dengan lampu LED. Kami juga menggunakan tali. Jadi setelah dilepas, balon akan tertahan di untaian tali. Setelah pelepasan dan doa, kami akan menariknya kembali,” ungkap Darmanto kepada suarasurabaya.net, Rabu (22/5/2024).

Darmanto menjelaskan bahwa hal itu dilakukan terkait kepedulian panitia terhadap lingkungan sekitar. Selain itu juga agar tidak mengganggu penerbangan.

“Pelepasan balon ini merupakan simbol untuk melepas sifat-sifat keakuan. Mulai dari keserakahan, egois, serta mementingkan diri sendiri. Selain Kami juga melambungkan aspirasi untuk kejayaan Kota Mojokerto khususnya,” katanya.

Menurut Darmanto, hal itu sesuai dengan tema waisak tahun ini, yakni “Keharmonisan Merupakan Pedoman Hidup Berdampingan Dalam Kebahagiaan”.

Darmanto menambahkan bahwa sebagai warga Kota Mojokerto, pihaknya berharap peringatan Waisak tahun ini memberi dampak positif terhadap keharmonisan antarumat beragama, etnis suku dan bangsa, dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

“Kami juga berharap peringatan Waisak ini memberikan warna baru bagi Indonesia, di mana Mojokerto kota yang kental budaya Majapahit. Dalam setiap event berikutnya kami selalu mengangkat solidaritas dan toleransi antarumat beragama,” ujar Darmanto. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs