Minggu, 28 April 2024

Perlunya Penerapan Budaya K3 untuk Menjamin Keberlangsungan Usaha

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Edi Priyanto Wakil Ketua DK3P Jawa Timur (kanan) dalam dialog K3 di salah satu studio televisi swasta, Selasa (9/1/2024). Foto: Istimewa

Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Provinsi Jawa Timur (Jatim),menjadikan momentum bulan K3 Nasional tahun 2024 untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya implementasi K3, sebagai pondasi dalam keberlangsungan usaha melalui program-program promotif dan edukatif.

Sigit Priyanto Kepala Disnakertrans Jatim mengatakan, penyelenggaraan bulan K3 Nasional tahun 2024 ini memiliki tujuan untuk mempertahankan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi pekerja di dunia industri, agar tidak ada kecelakaan maupun penyakit akibat kerja.

“K3 dijalankan sesuai dengan ketentuan dalam rangka mempertahankan derajat keselamatan dan kesehatan pekerja sehingga perlu terus dikampanyekan. Pekerja yang sehat merupakan sebagai salah satu investasi yang luar biasa untuk perusahaannya sehingga dapat mempermudah kelancaran untuk berproses dan produktif,” ujarnya dalam dialog K3 di salah satu studio televisi swasta, Selasa (9/1/2024) petang.

Menurutnya, K3 bukan hanya sekedar kewajiban perusahaan untuk mematuhi regulasi, tetapi juga merupakan investasi utama yang membentuk pondasi keberlangsungan perusahaan.

“Dalam era di mana lingkungan kerja yang aman dan sehat diakui sebagai kunci keberhasilan jangka panjang, memprioritaskan keselamatan karyawan adalah kebijakan yang cerdas dan strategis,” jelas Sigit.

Sementara Achmad Fauzi Ketua KSPSI Jatim menyatakan bahwa undang-undang regulasi terkait K3 di Indonesia sudah berlangsung selama 54 tahun. Oleh sebab itu, implementasi K3 begitu penting dalam dinamika kehidupan industri di tanah air ini.

“Atas nama ketua KSPSI Jawa Timur, kami terus menghimbau dan berdialog karena mentaati aturan main yang ada di perusahaan jauh lebih penting ketimbang merasa cukup dengan ini saja. Hal-hal kecil mari kita pikirkan, namun hal yang besar tetap menjadi program pemerintah, pemerintah harus hadir, memberikan sosialisasi dimana-mana bahwa K3 memiliki peranan yang penting dalam dunia kerja,” ungkap Fauzi.

Melalui kesadaran, investasi, dan implementasi praktik K3 yang efektif, perusahaan tidak hanya melindungi karyawan tetapi juga membentuk pondasi yang kokoh untuk pertumbuhan jangka panjang.

“Peran kami dalam K3 ini, adalah agar para pekerja merasa aman, nyaman dalam bekerja. Tentu hal itu akan berdampak pada produktivitas pekerjaan sehingga keberlangsungan usaha dari perusahaan bisa terus berlanjut,” tambah  Hadi Purnomo Kepala Kanwil BPJS Jatim.

Edi Priyanto yang merupakan Wakil Ketua DK3P Jatim juga turut mengungkapkan bahwa penerapan K3 tidak cukup hanya satu pihak saja, namun perlu melibatkan semua pihak yang berkepentingan.

“Perlunya pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki pada setiap elemen usaha juga menjadi hal yang penting. Hal ini bisa dicapai dengan pengusaha menyediakan informasi keselamatan yang cukup dan memadai. Pihak pekerja juga harus mau memahami dan mematuhi. Setelah pekerja bisa memahami akan memuncukan bentuk kepedulian. Jika sudah ada kepedulian, maka budaya berperilaku selamat akan dapat dicapai,” kata Edi.

Edi mengakui bahwa menciptakan budaya keselamatan dan kesehatan kerja tidaklah mudah. Membutuhkan usaha dan energy yang tidak sedikit serta memerlukan waktu yang juga tidak singkat. Terlebih generasi saat ini jauh lebih kritis dibanding era sebelum-sebelumnya.

“Tantangan menciptakan budaya K3 di lingkungan kerja bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Setidaknya membutuhkan strategi dan cara komunikasi yang efektif kepada pekerja yang saat ini rata-rata didominasi merupakan generasi milenial dan z,” ujarnya.

“Harus ada komunikasi yang kekinian. Agar pekerja milenial dan z yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang tidak mau menjadi mau sehingga muncul pemahaman dan kepedulian. Kalau ada kepedulian, ini akan menjadi perilaku dan perilaku tersebut akan menjadi kebiasaan itulah budaya (culture) yang terbentuk,” tutupnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs