Sabtu, 27 April 2024

Presiden Resmikan Inpres Jalan Daerah Jatim, Pj Gubernur Optimis Antarwilayah Makin Terkoneksi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Joko Widodo Presiden meresmikan inpres Jalan Daerah Provinsi Jatim di Kabupaten Madiun, Jumat (8/3/2024). Foto: Humas Pemprov Jatim

Joko Widodo (Jokowi) Presiden meresmikan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah Provinsi Jatim Bagian Selatan di Jalan I, Raya Dungus, Krajan II, Mojopurno, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jumat (8/3/2024) hari ini.

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jatim yang juga mendampingi presiden menyambut baik peresmian Inpres Jalan Daerah di Jatim ini, karena bakal menjadi penunjang mobilitas masyarakat dan meningkatkan konetivitas.

“Jalan ini menghubungkan banyak tempat dan membuat mobilitas meningkat. Sehingga konektivitas ini menjadi penting. Terimakasih Bapak Jokowi Presiden atas dukungan dan bantuan dalam upaya meningkatkan mobilitas dan konektivitas di Jatim,” katanya.

Adhy optimis, dengan adanya konektivitas antarwilayah ini bakal meningkatkan sektor perekonomian masyarakat sekitar, dan diharapkan membuat masyarakat sejahtera.

“Misalnya jalan inpres ini menghubungkan dengan tempat wisata. Yang dulunya kurang rata, kini sudah rata. Maka perekonomian masyarakat akan meningkat,” tuturnya.

Tidak hanya itu, menurut Adhy, keberadaan inpres jalan daerah ini juga menghubungkan kawasan produktif yang mendukung sektor pertanian, sektor industri, dan pariwisata.

Di akhir, Adhy juga mengajak masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam merawat dan memelihara jalan tersebut. Dan memanfaatkan jalan tersebut dalam mendukung mobilitas dan meningkatkan perekonomian.

“Mari sama-sama kita jaga dan rawat unsur penting konektivitas dan mobilitas ini,” ujarnya.

Sementara itu total ruas inpres jalan daerah di Jatim bagian selatan tercatat sebanyak 20 ruas dengan panjang 209,46 kilometer dan dua jembatan dengan panjang 184,74 meter. Pengerjaannya setidaknya menelan dana sebesar Rp545,7 miliar.

Sebanyak 35 ruas jalan dan jembatan instruksi presiden (inpres) daerah di Jawa Timur telah dilakukan pemeliharaan dan perbaikan dengan panjang total 275,51 kilometer.

Dalam melakukan pengerjaan itu pemerintah pusat menggelontorkan anggaran hingga Rp925,2 miliar yang bersumber dari APBN 2023. Menurut Jokowi, anggaran yang digelontorkan tidaklah sedikit.

“Khusus untuk Jatim, anggaran Inpres Jalan Daerah telah mencapai Rp925,2 miliar. Angka yang besar dan nantinya jalan yang perlu diperbaiki di Jatim akan dilanjutkan,” jelas Presiden. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs