Kamis, 2 Mei 2024

50 Ribu Pemudik Diprediksi Padati Terminal Purabaya Mulai Besok

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Para penumpang bus di Terminal Purabaya, Bungurasih, Rabu (3/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sekitar 40 hingga 50 ribu pemudik diprediksi memadati Terminal Purabaya, Bungurasih, dalam periode mudik lebaran, mulai Kamis (4/4/2024).

“Mungkin bisa di angka 40 atau 50 ribu, karena kami prediksi untuk libur lebaran tahun ini kemungkinan kenaikan penumpang bisa lebih dari 40 persen. Kalau hari biasa 30 ribu,” kata M. Badik Kepala Terminal Purabaya saat ditemui suarasurabaya.net di Kantor Terminal Purabaya, Bungurasih, Rabu (3/4/2024).

Badik mengatakan, perkirakan itu didapatkan, hasil dari perhitungan libur lebaran yang berbarengan dengan libur sekolah, sehingga menjadi libur panjang.

“Itu salah satu indikator yang kami pakai untuk menentukan lonjakan,” ucapnya.

Suasana di Terminal Purabaya, Bungurasih, Rabu (3/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dengan prediksi itu, Terminal Purabaya telah mengantisipasi lonjakan. Pihaknya sudah menyiapkan empat posko.  Pertama, posko terpadu yang berada di ruang rapat lantai 2 Terminal Purabaya.

Posko kedua, ada di selter kedatangan yang fungsinya untuk mengawasi dan juga memantau penumpang-penumpang yang baru turun dari luar kota dan yang masuk ke wilayah Surabaya.

Posko ketiga, ada di depan shelter keberangkatan yang berfungi untuk memantau situasi kendaraan dan penumpang yang berada di mulai shelter 1 sampai shelter 26.

Posko keempat, ada di belakang shelter, yang berfungi untuk pemantuan situasi di area pengendapan dan juga penumpang yang berada di belakang shelter.

“Karena beberapa pengalaman kemarin, sewaktu ada kejadian lonjakan penumpang, penumpang itu banyak yang menunggu keberangkatan busnya itu di belakang shelter, makanya ini jadi satu tempat yang harus kami perhatikan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di semua titik pos yang ada di Terminal Purabaya selama 24 jam, dalam periode mudik Lebaran.

“Sudah kita siapkan, ada juga di area ruang tunggu penumpang, baik di lantai 1 maupun di lantai 2,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga telah menyediakan tenaga kesehatan, baik bagi penumpang maupun kru bus yang membutuhkan bantuan medis selama periode mudik lebaran.

Untuk keamanan, Terminal Purabaya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari Polresta Sidoarjo, Polsek Waru, Koramil, Babinsa, Pemadam Kebakaran (Damkar), hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kami menghimbau, agar para pemudik menjaga kesehatan, dan menjaga barang-barangnya demi keamanan, karena semakin banyak penumpukan orang tentunya ada risiko yang semakin tinggi terjadinya tindak kejahatan. Jadi, masing-masing juga harus bisa menjaga diri,” pungkasnya. (ris/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs