Sabtu, 18 Mei 2024

Rayakan King’s Day di Surabaya, Belanda Perkuat Hubungan dengan Indonesia

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Adriaan Palm (kanan) The Deputy Head of Mission of The Kingdom of The Netherlands in Indonesia dan Lily Jessica Tjokrosetio (kiri) The Honorary Consul of The Kingdom of The Netherlands saat seremoni memotong kue dalam King's Day Reception di Surabaya, Selasa (30/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Kedutaan Besar Belanda kembali memperingati King’s Day atau ulang tahun Willem Alexander Raja Belanda di Surabaya, pada Selasa (30/4/2024).

Adriaan Palm the deputy Head of Mission of The Kingdom of The Netherlands in Indonesia mengatakan, perayaan King’s Day merupakan salah satu event tahunan yang diperingati oleh warga Belanda di berbagai tempat di dunia.

“Ini adalah acara penting, menjadi kesempatan untuk ketemu banyak orang, baik dari komunitas bisnis, rekan-rekan dari Belanda dan pemerintah Indonesia,” katanya.

Pertemuan antar berbagai pihak dalam acara tahunan itu, kata dia, juga menjadi momentum untuk memperkuat hubungan antara Belanda dan Indonesia agar lebih baik, terutama dalam meningkatkan kualitas hubungan kerja sama di berbagai sektor.

“Harapannya, bisa semakin lebih dalam lagi untuk perkembangan seperti bisnis dan ekonomi di Jatim, di Surabaya,” ucapnya.

Peringatan King’s Day atau ulang tahun Willem Alexander Raja Belanda di Surabaya, pada Selasa (30/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam kesempatan itu, Lily Jessica Tjokrosetio The Honorary Consul of The Kingdom of The Netherlands juga mengatakan, bahwa acara bertajuk King’s Day Reception itu juga merupakan salah satu perwujudan komitmen dari Indonesia dan Belanda untuk lebih menguatkan hubungan bilateral kedua negara.

“Perayaan King’s Day tahun ini juga upaya dalam mempererat hubungan antar kedua negara, baik dari segi perekonomian, budaya dan bahkan lingkungan,” tuturnya.

Seperti diketahui, King’s Day juga memiliki sebutan Koningsdag, pertama kali dirayakan pada 27 April 2014, hampir setahun sejak Raja Williem Alexander naik tahta pada tahun 2013.

Sebelum tahun 2013, perayaan tersebut dikenal sebagai Hari Ratu atau Koninginnedag, karena pada saat itu, Belanda dipimpin oleh seorang ratu.

Hari Ratu sendiri, jika merujuk dari laman resmi Kerajaan Belanda, dimulai pada tahun 1885, tepatnya pada 31 Agustus untuk menghormati ulang tahun kelima Ratu Wilhelmina yang saat itu masih berstatus sebagai putri. Hari Ratu baru benar-benar dirayakan pada 1891 setelah Ratu Wilhelmina naik tahta. (ris/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs