Rabu, 19 Juni 2024

Salat Id di Masjid Al Akbar Surabaya Diwarnai Laporan Kehilangan Suami-Istri dan Anak

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ribuan jemaah mendengarkan kutbah di depan pelataran Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Rabu (10/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Jumlah jemaah salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya disebut terbanyak dalam beberapa tahun terakhir, yakni mencapai 40.000 orang.

Banyaknya jumlah jemaah yang beribadah di masjid nasional ini menimbulkan berbagai kejadian usai salat id. Mulai dari kehilangan pasangan suami-istri, kehilangan anak, hingga sandal yang raib.

Helmy M. Noor Humas Masjid Al-Akbar Surabaya membenarkan adanya banyak laporan kehilangan pasangan suami-istri hingga anak usai salat berlangsung.

Suasana di dalam masjid nasional Al Akbar Surabaya sesaat sebelum salat Idulfitri 1445 Hijriah dimulai, Rabu (10/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Menurutnya, jemaah yang terpisah dengan pasangan atau anggota keluarganya itu karena bingung dengan lokasi pintu masuk masjid. Mereka yang terpisah, karena masuk dan keluar di pintu yang berbeda.

“Iya karena masjid ini kan besar, kemudian pernak-perniknya seperti itu. Jadi mereka saya tanyai dari pintu mana? Pintu 3 lho sekarang berapa? 23. Dari 3 ke 23 lho jauh, ibu balik lagi ke pintu 3 enak,” kata Helmy waktu berbicara kepada jemaah yang terpisah dengan suaminya, Rabu (10/4/2024).

Selain kehilangan anggota keluarga atau pasangan, sebagian jemaah juga banyak yang melapor kehilangan sandal. Namun, Helmy menyebut kalau hal itu bukan hilang melainkan tertukar, tersepak, atau lupa meletakkan.

“Nah, jadi rata-rata orang salat di sini satu bingung golek (cari) sandal yang kedua bingung golek keluarga. Makanya pahami dulu pintu-pintunya biar mereka bisa mudah untuk ketemuannya,” tuturnya.(wld/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
28o
Kurs