Senin, 29 April 2024

Susul UGM hingga UI, Unair Akan Nyatakan Sikap Soal Demokrasi di Era Pemerintahan Jokowi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Kampus Universitas Airlangga (Unair). Foto: Dok. Unair

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akan menyatakan sikap terkait kondisi demokrasi di bawah pemerintah Joko Widodo saat ini dalam agenda Unair Memanggil, Menegakkan Demokrasi, Menjaga Republik di Depan Gedung Pascasarjana Unair Kampus Dharmawangsa, Surabaya, Senin (5/2/2024).

Airlangga Pribadi Kusman Dosen Departemen Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unair mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk manifesto pernyataan sikap bersama keluarga besar Unair, mulai dari akademisi hingga alumni.

“Jadi, pernyataan sikap itu untuk memberikan semacam nasihat atau memberikan evaluasi terhadap situasi dinamika politik dan penyelenggara negara, terutama pada akhir-akhir ini. Sepertinya, penyelenggara negara itu lupa bahwa kita ini adalah sistem politiknya republik,” katanya saat dikonfirmasi suarasurabaya.net pada Minggu (4/2/2024).

Dalam sistem republik, kata dia, menempatkan seluruh warga negara secara setara dan menjadikan hukum, terutama konstitusi, berada di atas kekuasaan, agar kekuasaan berjalan tidak sewenang-wenang.

Tetapi akhir-akhir ini, ia mengatakan bahwa prinsip-prinsip Republik itu terlihat ada pemelencengan dari proses penyelenggaraan negara. Yakni, mulai dari persoalan Mahkamah Konstitusi (MK) hingga kecenderungan penggunaan fasilitas negara untuk memenangkan salah satu Pasangan Calon (Paslon) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Nah, hal-hal tersebut membuat kita semua menyatakan sikap untuk memberikan peringatan atau nasehat kepada penyelenggara negara. Artinya jangan sampai kita kembali pada zaman kegelapan, karena tahun 1998 itu kan korban dari proses menuju demokrasi itu kan juga begitu besar. Kita tidak ingin kembali ke zaman kegelapan sebelum demokrasi 1998 lagi,” jelasnya.

Ia mengatakan, Presiden yang telah dipilih sejak 9 tahun yang lalu dan mendapatkan legitimasi rakyat dengan harapan merawat demokrasi dan menjaga republik, jangan sampai tidak berpijak pada kepentingan publik secara keseluruhan, tetapi justru mengutamakan kepentingan keluarga atau privat.

“Karena yang dikorbankan adalah tatanan politik kita itu sendiri. Itulah pesan utama yang coba kami tampilkan sebagai bagian dari keluarga besar Unair,” ucapnya.

Dengan pernyataan sikap besok, pihaknya berharap, pemimpin dan penyelenggara negara, setidaknya dalam Pemilu ini, bisa segera menunjukkan sikapnya, baik dari pernyataan maupun tindakan untuk tidak melakukan intervensi politik dan tidak partisan kepada paslon tertentu.

“Apalagi paslonnya kita tahu masih memiliki hubungan kekeluargaan dengan Presiden. Juga memiliki problem etik yang berskala berat dalam proses pemilihannya, juga terkait agenda reformasi dan demokrasi masih memiliki problem transitional justice, kemudian juga hak asasi manusia,” bebernya.

Seperti diketahui, sebelum Unair mengumumkan akan menyatakan sikap terkait kondisi demokrasi di era Jokowi Presiden saat ini, sebelumnya juga sudah ada universitas lain yang menyatakan sikap, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Padjadjaran (Unpad), hingga Universitas Andalas (Unand).(ris/azw/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs