Jumat, 3 Mei 2024

Jembatan Bailey Akan Dipasang pada Tol Bocimi yang Longsor

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kondisi kondisi ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang terdampak longsor di kilometer 64.600 di Kabupaten Sukabumi. Foto: Dokumentasi Polres Sukabumi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal memasang jembatan bailey atau jembatan rangka baja sementara di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM 64 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang longsor pada Rabu (3/4/2024) malam kemarin.

Miftachul Munir Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memastikan bila Tol Bocimi KM 64 akan segera bisa dilewati secara darurat pada Senin (8/4/2024) besok.

Miftachul Munir Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR waktu menyampaikan update penanganan Tol Bocimi yang longsong di Terminal Purabaya, Kamis (4/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net
Miftachul Munir Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR waktu menyampaikan update penanganan Tol Bocimi yang longsong di Terminal Purabaya, Kamis (4/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

“Kejadian Bocimi saat ini kita sedang lakukan analisa untuk penanganan darurat. Kita harapkan dalam waktu hari Senin untuk bisa secara darurat dilewati,” kata Miftachul Munir di Terminal Purabaya Sidoarjo, Kamis (4/4/2024).

Jembatan bailey yang dipasang itu berukuran 2 x 30 meter. Miftachul menyebut pemasangat jembatan itu harus segera dilakukan supaya Tol Bocimi bisa segera difungsikan.

“Akan kita pasang jembatan bailey, (ukuran) 2 x 30 meter dari sisi Ciawi ke arah Sukabumi yang Jalur Ambon, dan Jalur Bandung akan difungsikan,” ujarnya.

Dalam menengani pengerjaan tersebut Kementetian PUPR telah berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat.

Miftachul menyatakan, jembatan bailey aman untuk dilintasi kendaraan sambil menunggu pengerjaan KM 64 Tol Bocimi secara permanen yang akan dilakukan pascalebaran.

“Untuk operasionalisasinya, kami berkoordinasi dari PU dengan Ditlantas Polda Jabar. Untuk penangan permanen akan kita lakukan setelah lebaran. InsyaAllah aman,” ungkapnya. (wld/azw/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs