Selasa, 30 April 2024

Usai Puncak Mudik Susulan, Pemudik di Tanjung Perak Bertambah Jadi 112 Ribu Orang

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana penumpang turun di Terminal Penumpang Jamrud Selatan, Tanjung Perak Surabaya. Nampak ribuan penumpang baru saja turun untuk menuju ke pintu keluar. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengalami puncak arus mudik susulan pada H-1 Lebaran pada Selasa (9/4/2024) yang didominasi oleh penumpang turun.

Dhany Rahmat Agustian General Manager Gapura Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) menyatakan, para penumpang yang baru tiba di Surabaya ini berasal dari wilayah Indonesia Timur yang mudik ke Pulau Jawa.

“Ini sisa-sisa penumpang yang sengaja mudik di akhir lebaran dan jumlahnya gak begitu banyak. Perkiraan kami ada 4.000 orang lebih (yang datang),” kata Dhany dihubungi suarasurabaya.net, Selasa sore.

Dhany menyebut, apabila dihitung secara kumulatif, jumlah pemudik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sejak H-15 hingga hari ini telah menyentuh angka sekitar 112.000 orang.

“Untuk hari ini akan ada 13 kapal yang akan bersandar sampai pukul 24.00 WIB,” katanya.

Penumpang yang datang di Pelabuhan Tanjung Perak hari ini berasal dari daerah Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, kemudian Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timu, dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Sementara itu, otoritas pelabuhan memprediksi puncak arus balik akan terjadi selama tiga hari pada H+9 hingga H+11.

“Mudah-mudahan jumlah penumpang masih sama seperti puncak arus mudik sebelumnya,” tandasnya. (wld/ike/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs