Sabtu, 20 April 2024

Profil Real Madrid dan Atletico Madrid Jelang Final Liga Champions

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Para pengggemar sepak bola akan mendapat suguhan menarik dari pertandingan final Liga Champions Eropa 2013/2014 pada Minggu dini hari (25/5/2014) pukul 01.45 WIB, antara Real Madrid vs Atletico Madrid.

Menariknya, puncak pesta sepak bola Eropa ini akan mempertemukan dua klub Spanyol yang sama-sama bermarkas di Madrid, ibukota Negeri Matador, namun akan digelar di luar negeri, Markas klub Benfica Portugal, tepatnya di Stadion da Luz, Kota Lisboa.

Jelang malam penentuan juara Liga Champion Eropa 2013/2014 itu, berikut profil singkat kedua tim yang berhasil suarasurabaya.net rangkum :

Real Madrid

Berdiri sejak 1902 dan merupakan tim yang bisa dibilang paling sukses di dunia karena banyaknya jumlah gelar dan raihan yang diperoleh. Bahkan FIFA menempatkan Real Madrid sebagai klub paling sukses sepanjang abad ke-20 dengan raihan 31 gelar Primera Liga Spanyol, 16 Piala Spanyol, 9 gelar Piala Liga Champions dan 2 trofi Piala UEFA.

Selain sarat akan sejarah, Real Madrid juga terkenal karena kemegahannya dan dihuni oleh pemain-pemain papan atas dunia. Inilah yang menjadikan Real Madrid sebagai klub yang paling glamour dengan pendapatan terbesar di jagad raya ini.

Los Merengues, Los Blancos, La Quinta del Buitre, dan Los Galacticos adalah beberapa nama sebutan untuk Real Madrid dari masa ke masa.

Terkait stadion, Real Madrid telah berpindah beberapa kali. Diantaranya stadion Campo de O’Donnell selama enam tahun, sejak 1912. Kemudian pindah ke Campo de Ciudad Lineal, yang hanya berkapasitas 8,000 penonton. Kemudian pada 17 Mei 1923, Madrid pindah Estadio Chamartín, yang hanya menampung 22.500 penonton.

Selang dua dekade kemudian, Santiago Bernabeu Yeste melihat Estadio Chamartín tak layak lagi, sehingga Sebuah stadion baru dibangun, dan diresmikan pada 14 Desember 1947. Stadion itulah yang saat ini dikenal sebagai Stadion Santiago Bernabeu yang dihuni sampai sekarang ini. Semula stadion ini mampu menampung 120 ribu penonton, tapi dimordenisasi dengan tidak boleh ada penonton berdiri, sehingga hanya berkapasitas 80.354 kursi.

Pada 9 Mei 2006, Stadion Alfredo Di Stefano diresmikan. Di tempat inilah Madrid menjalani latihan. Stadion ini berkapasitas 5.000 penonton, dan fans hanya menyaksikan tim mereka berlatih.

Pelatih Real Madrid saat ini ialah Carlo Ancelotti dan Presiden klubnya ialah Florentino Perez.

Atletico Madri

Berdiri sejak tahun 1903 dan merupakan klub rival yang bermarkas di kota yang sama dengan Real Madrid, Namun nasibnya tidak secermerlang rekan satu kotanya.

Los Colchoneros, Los Rojiblancos, Los Indios dan El Atleti merupakan beberapa sebutan untuk tim Atletico Madrid hingga saat ini masih berjuang untuk bisa lebih banyak berbicara di kancah domestik dan Eropa.

Sejumlah permasalahan seperti utang dan perebutan kekuasaan sempat menghantui klub ini dalam waktu lama. Namun mulai tahun 2009 klub ini mulai menunnjukkan sinar harapan.

Beberapa prestasi yang pernah diraih diantaranya 9 kali juara La Liga, 9 kali juara Copa del Ray, 2 kali juara piala UEFA/Liga Eropa, satu kali juara piala Winners dan 1 kali juara piala Interkontinental dan juara 1 piala super Eropa.

Stadionnya sendiri bermarkas di Vicente Calderon dengan kapasitas penonton sekitar 54.851 orang. Untuk pelatihnya saat ini ialah Diego Simone dan Enrique Cerezo sebagai presidennya. (ain/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs