Hal itu diungkapkan oleh Rosan Roeslani Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2020 Tokyo yang berniat berkunjung ke Jepang untuk mempersiapkan kepentingan Olimpiade.

“Tiap negara kan mengajukan untuk berkunjung (ke Jepang). Nah itu ditunda dulu oleh pihak Jepang. Seharusnya Maret pekan ketiga kita kesana,” kata Rosan di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Selain untuk mengetahui venue pertandingan, kunjungan tersebut juga dilakukan guna meninjau lokasi atau tempat tinggal yang bakal digunakan oleh Kontingen Indonesia selama perhelatan Olimpiade 2020.

Kunjungan tersebut, menurut Rosan, menjadi amat penting sebab dapat memberi gambaran soal apa saja yang sekiranya dibutuhkan oleh para atlet Indonesia selama di Tokyo.

Visit kesana untuk lihat venue yang akan digunakan tim Indonesia dan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh atlet. Untuk tahu jarak dari rumah atlet ke tempat pertandingan berapa jauh kan kita bisa antisipasi,” ujarnya, seperti dilaporkan Antara.

Hingga saat ini, Indonesia masih terus mempersiapkan diri mengikuti kualifikasi Olimpiade 2020 sembari menunggu keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) soal kepastian penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan itu.

IOC juga masih menunggu perkembangan terkini dalam satu atau dua bulan ke depan. Keputusan terkait pembatalan atau kelanjutan Olimpiade Tokyo akan diambil selambat-lambatnya pada Mei nanti.

“Kita tetap koordinasi (dengan IOC), tapi persiapan tetap jalan,” kata Rosan menegaskan.(ant/iss/ipg)