Rabu, 20 Oktober 2021

Diperkuat 61 Atlet Unesa, PASI Optimistik Kontingen Jatim Bisa Juara Umum

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Prof. Dr. Nurhasan., M.Kes., Rektor Unesa resmi memberangkatkan para atlet PON Papua secara virtual ditandai dengan pemakaian jaket PON oleh perwakilan atlet, Senin (27/9/2021) malam. Foto: Humas Unesa

Kontingen Jawa Timur menargetkan bisa menjadi juara umum pada PON XX Papua 2021 ini. Karena itu, kontingen Jatim harus bisa menyabet 136 medali emas.

Ini dikatakan Prof. Dr. Nurhasan., M.Kes., Ketua Umum Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jatim saat acara pelepasan atlet  yang digelar secara daring pada Senin (27/9/2021) malam dan dihadiri jajaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim dan Pengprov PASI.

Sebanyak 34 atlet PASI siap berlaga PON XX Papua 2021 yang didampingi 11 pelatih itu akan berlaga di beberapa cabang, mulai dari lari, jalan cepat, lompat, lontar martil, tolak peluru hingga maraton.

“Melihat kondisi kesiapan dan semangat para atlet yang tergabung dalam Puslatda, KONI dan PASI optimistik Jatim bisa mendapat target tersebut. Sebab, Jatim punya modal besar, atlet yang pasti bisa bekerja keras, kita pasti bisa,” ujarnya.

Pria yang biasa disapa Cak Hasan itu melanjutkan, target itu cukup tinggi, tetapi kontingen Jatim berpotensi menjadi juara umum pada PON XX ini. Melihat torehan prestasi pada PON sebelumnya, Jatim ada di posisi kedua setelah Jawa Barat sebagai tuan rumah. Kontingen Jatim, lanjutnya, saat itu tampil gemilang dan berhasil menyabet 132 emas. Artinya, target kontingen Jatim hanya perlu menambah empat medali emas lagi dari hasil perolehan medali PON sebelumnya.

“Keunggulan kita (Jatim, red) pada PON sebelumnya dipertahankan. Cabor yang raih emas bisa tetap meraih emas lagi. Cabor yang sebelumnya raih perak dan perunggu bisa bawa pulang emas pada pekan olahraga ini,” ujarnya semangat.

Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu berpesan kepada para atlet agar tetap semangat dan penuh keyakinan dalam berlaga. Menurutnya, semangat dan kerja keras dalam berlaga harus didukung dengan keyakinan.

“Yang penting yakin bisa, keluarkan perfoma maksimal, berlaga dengan baik, junjung tinggi sportivitas dan pasti hasilnya pun akan baik,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (28/9/2021).

Adapun para atlet dari Unesa yang masih berstatus mahasiswa aktif yang turun membela Kontingen Jatim pada PON XX Papua 2021 yakni sebanyak 61 atlet. Sebagian dari mereka ada yang sudah berangkat dan sebagian lagi baru diberangkatkan. Mereka akan berlaga pada 18 cabang olahraga. Rinciannya, 3 atlet cabor Pencak Silat, tiga atlet cabor Voli Pantai, 2 atlet cabor Sepak Bola, 8 atlet untuk cabor Bola Tangan, 2 atlet cabor Renang Indah, dan 5 atlet cabor Muathai.

Sementara itu ada 2 atlet di cabor Karate, 1 atlet cabor Panjat Tebing, 2 atlet untuk cabor Menembak, 5 atlet untuk cabor atletik, 1 atlet cabor Sepak Takraw, 3 atlet cabor Renang, 4 atlet cabor Hockey, 1 atlet cabor Gulat, 5 atlet cabor Anggar, juga 5 atlet cabor Taekwondo, 8 atlet cabor Dayung dan 1 atlet cabor Angkat Besi.

“Kalian adalah putra-putri terbaik Jatim, dan kalian pasti bisa,” ucap Nurhasan. “Nikmatilah pertandingan dan berlagalah dengan nyaman tanpa beban. Enjoy aja. Berlatihlah seperti kamu bertanding, dan bertandinglah seperti kamu berlatih,” pesannya.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Rabu, 20 Oktober 2021
28o
Kurs