Jumat, 26 April 2024

Ini Keunggulan Sirkuit Mandalika Bertaraf Internasional Menurut Bamsoet

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden saat di Sirkuit Mandalika, Jumat (12/11/2021), di Lombok, NTB. Foto: Humas MPR

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mencoba lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit, bersama Joko Widodo Presiden, Jumat (12/11/2021).

Dalam sesi test ride itu, Ketua MPR bareng Prasetyo Edi Marsudi Ketua DPRD DKI Jakarta sekaligus Ketua Dewan Penasihat Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memakai motor listrik Gesits.

“Akhirnya Indonesia bisa menambah koleksi sirkuit bertaraf internasional yang bisa dipakai kejuaraan balap motor bergengsi, seperti World Superbike hingga MotoGP. Dibangun sejak tahun 2019, Pertamina Mandalika International Street Circuit akhirnya bisa selesai dikerjakan dan diresmikan oleh Presiden Jokowi hari ini,” ujar Bamsoet.

Mantan Ketua DPR RI itu menjelaskan, Pertamina Mandalika International Street Circuit memiliki panjang lintasan mencapai 4,3 Kilometer dengan 17 tikungan.

Aspal yang dipakai stone mastic asphalt, bukan aspal sembarangan yang harganya murah.

“Permukaan aspal sangat rata, kerekatan antar partikel pun tidak berdempetan, sehingga tidak ada yang menumpuk. Teknologi terbaru ini bisa menghemat perawatan. Lebih dari lima tahun tidak perlu dilakukan resurface atau pelapisan ulang,” ucapnya.

Keunggulan lainnya, sambung Bamsoet, terletak pada daya cengkram dengan roda yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pada pengendara.

“Bahkan, lintasan sirkuit bisa dipacu dengan kecepatan puncak sampai 310 kilometer per jam,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menambahkan, paddock area sirkuit sanggup menaungi 40 garasi. Kapasitas grand stand seating mencapai lebih dari 50 ribu tempat duduk, sementara non-seated area (tribun berdiri) sanggup menampung 138.000 orang.

Penonton juga bisa menyaksikan balapan dari hospitality suites yang direncanakan berkapasitas 7.700 penonton.

Seluruhnya dikerjakan dengan sangat serius dan penuh ketelitian, demi memberikan kenyamanan dan pengalaman berkesan bagi pembalap, crew, hingga turis yang datang ke Lombok.

“Setelah diresmikan, Pertamina Mandalika International Street Circuit telah mendapatkan kepercayaan menggelar dua kejuaraan internasional bergengsi, yakni Idemitsu Asia Talent Cup pada 12-14 November 2021, dilanjutkan World Superbike pada 19-21 November 2021. Puncaknya, MotoGP pada 20 Maret 2022,” tandas Bamsoet.(rid/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs