Sabtu, 20 April 2024

TC Timnas Basket Indonesia Diliburkan Sementara Selama Lebaran

Laporan oleh Budi Leksono
Bagikan
Pebasket Indonesia Wisnu (tengah) mencoba memasukkan bola dan dihadang pebasket Korea Selatan Hongseok Yang (kanan) dan Jongkyu Kim (kiri) pada pertandingan kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 antara di Mahaka Arena, Jakarta, Kamis (20/2/2020). Foto: Antara

Pemusatan latihan (TC) tim nasional basket Indonesia diliburkan sementara pada 8 Mei untuk menyambut Lebaran, dan akan dilanjutkan mulai 17 Mei mendatang.

Melalu siaran pers yang di terima Antara Senin (10/5/2021) Wahyu Didayat Jati asisten pelatih timnas basket Indonesia mengatakan, para pemain diperbolehkan pulang ke keluarganya masing-masing. Meski begitu, para pemain tidak diberikan materi khusus untuk latihan selama libur. Mereka hanya dianjurkan menjaga kondisi dan pola makan agar tidak kelebihan berat badan.

“Tapi kami belum merencanakan untuk menggelar tes fisik dan tes berat badan saat kembali latihan. Sejauh ini belum ada request dari Coach Rajko Toroman,” kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan, saat kembali latihan nanti, para pemain akan diwajibkan menjalani tes PCR lagi untuk memastikan seluruh peserta terbebas dari Covid-19.

Tes tersebut juga dilakukan untuk menghindari kejadian di klub GMC Basketball Cirebon terulang lagi ketika ada 30 pebasket remaja yang datang dari berbagai daerah justru terjangkit positif Covid-19 sebelum mereka menggelar latihan gabungan.

Protokol kesehatan yang diterapkan PP Perbasi untuk TC timnas menuju FIBA Asia Cup 2021 itu sejauh ini berjalan baik. Pada awal Mei lalu, seluruh pemain dan komponen yang terlibat juga telah melakukan tes PCR dan hasilnya semuanya dinyatakan negatif COVID-19.

Pemusatan latihan timnas basket Indonesia telah berlangsung sejak 3 Mei di GBK Arena Senayan, Jakarta. Ada lima pemain muda yang dipanggil dalam TC tahap awal, yakni Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane, yang merupakan bagian skuad Indonesia Patriots pada fase pertama Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021.

Mereka nanti akan bergabung dengan pemain senior yang baru akan dipanggil Juni mendatang setelah kompetisi IBL selesai.

Timnas basket Indonesia masih mempunyai satu jendela Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 yang dijadwalkan di Clark City, Filipina pada Juni sebelum turun di FIBA Asia Cup 2021 di Istora Senayan Jakarta, 17-27 Agustus mendatang.(ant/bud/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs