Kamis, 25 April 2024

Apri/Fadia Tak Sangka Bisa Tembus World Tour Finals Perdana

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Apriyani Rahayu - Siti Fadia Silva Ramadhanti pemain ganda putri timnas bulu tangkis Indonesia saat berlaga di Singapore Open 2022. Foto: Antara

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, ganda putri Indonesia, mengaku sempat tidak percaya bisa lolos ke Badminton World Federation (BWF) World Tour Finals 2022 perdana, karena performa kurang maksimal dalam delapan turnamen World Tour Super Series tahun ini yang diikuti.

“Tidak, tidak ada ekspektasi (lolos). Apalagi pelaksanaannya dari semula di China berubah ke Thailand pasti tidak ada yang mundur,” tutur Apri saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (3/12/2022) seperti dilaporkan Antara.

Namun, peraih medali emas Olimpiade Tokyo itu terkejut ketika mendapat kabar dari tim pelatih bahwa dia dan Fadia berpeluang lolos ke turnamen akhir musim itu karena pasangan Nami Matsuyama/Chiharu Shida memutuskan mundur.

Setelah mendapat kepastian soal mundurnya ganda putri asal Jepang dan mendapat undangan langsung dari BWF, Apri/Fadia secara tegas menyatakan kesiapan mereka untuk berangkat ke Bangkok pada 7-11 Desember mendatang.

“Saat ditanya kami siap main atau tidak, ya kami jawab sangat siap! Bagaimana pun ini kesempatan besar, memang rezeki buat saya dan Fadia. Kami sama sekali tidak membayangkan bisa lolos World Tour Finals,” imbuhnya.

Lebih lanjut Apri menjelaskan, pesimisme mereka bermula saat mengakhiri turnamen Eropa dengan hasil tidak maksimal. Bahkan pada ajang French Open, Apri/Fadia langsung terhenti pada babak pertama.

Hasil tersebut lebih rendah dibanding saat berlaga pada Denmark Open yang mampu mencapai babak perempat final.

“Kami juga berpikir saat tur Eropa hasilnya tidak baik. Ya kami sudah berpikir tidak akan mungkin lolos karena poinnya sangat jauh. Eh, ternyata bisa masuk. Jadi bagaimana mau berekspektasi ke sana?,” tutur Apri yang diakhiri dengan tawa.

Dengan hadirnya ganda putri peringkat ke-14 itu pada turnamen World Tour Finals 2022, maka Indonesia mengirim tujuh wakil yang menempati seluruh nomor.

Ketujuh wakil tersebut ialah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri), Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran).(ant/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs