Sabtu, 4 Februari 2023

Jika Turnamen Timnas Masih Lama, Aji Santoso Harap Pemain Boleh Ikut Liga

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Aji Santoso pelatih Persebaya saat berada di Lapangan Thor Surabaya seusai memimpin jalannya latihan, pada Senin (21/11/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Aji Santoso pelatih Persebaya berharap, pemain dengan label Tim Nasional (Timnas) Indonesia mendapat kesempatan untuk bermain di kompetisi, jika turnamen timnas masih terhitung lama.

“Apabila ada pertandingan kompetisi resmi dan ada pemain yang dipanggil timnas, akan lebih bijaksana jika pemain itu diberi kesempatan untuk pulang, mungkin H-1 atau H-2 bisa pulang, bisa bergabung dengan tim,” ucapnya saat berada di Sleman, pada Selasa (6/12/2022).

Menurutnya, keputusan itu menjadi penting karena berpengaruh pada kualitas kompetisi sepak bola di Indonesia.

“Saya sangat yakin kalau pemain-pemain nasional bergabung pasti kualitas akan lebih tinggi daripada pemain-pemain timnas tidak bergabung,” ucapnya.

Meskipun begitu, ia menegaskan bahwa keinginannya itu hanya ketika turnamen yang akan dijalankan oleh timnas lama.

“Kecuali kalau turnamennya timnas sudah mendekati mungkin satu minggu gitu bisa. Tapi, kalau satu bulan, satu bulan setengah, saya pikir akan lebih bijaksana kalau pemain-pemain itu bisa bergabung,” ucapnya.

Ia mengatakan, dengan adanya situasi tersebut, pihak federasi dan Liga Indonesia Baru (LIB) harus ikut memikirkan dan mencari solusi terbaik.

“Karena kalau kita punya pemain nasional tapi tidak digunakan kan sayang, dan ini sebenarnya tetap ada jalan keluarnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa ada dua pemain Persebaya yang mendapat panggilan timnas dan belum bisa bergabung dengan tim berjuluk bajul ijo saat kompetisi kembali resmi diputar pasca terhenti selama sekitar dua bulan.

Kedua pemain itu yakni, Marselino Ferdinan dan Rizky Ridho Ramadhani, yang mana kedua pemain tersebut menjadi andalan tim kebanggaan warga Kota Surabaya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Persebaya juga selama melakoni pertandingan Liga 1 musim ini, hanya satu kali pernah merasakan full team.

“Mulai dari awal sampai pertandingan yang ke-12, itu baru satu kali full team ketika melawan Arema. Sebelumnya itu tidak pernah sama sekali,” ucapnya.

Ia berharap, pemain dengan label timnas Indonesia ke depannya dapat memiliki kesempatan untuk bergabung dengan klub, jika jarak waktu turnamen yang akan dilakoni timnas masih lama.(ris/iss)

Berita Terkait

Aji Santoso Waspadai Semua Pemain Barito Putera

Aji Santoso Beri Sinyal Akan Rekrut George Brown