Kamis, 2 Februari 2023

Kanada Jadi Tim Pertama yang Pulang dari Piala Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain Kroasia melakukan selebrasi setelah memenangi laga penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 Qatar kontra Kanada di Khalifa International Stadium, Doha, Minggu (27/11/2022). Kroasia menang 4-1 atas Kanada. Foto: Antara

Kekalahan atas Kroasia 4-1 dalam pertandingan penyisihan Grup F di Doha, Qatar, Minggu (27/11/2022) malam waktu setempat, membuat Kanada jadi tim pertama yang harus pulang dari Piala Dunia 2022.

Di sisi lain, kemenangan tersebut membuat Kroasia memastikan peluang melaju ke babak 16 besar.

Seperti dilaporkan Antara yang mengutip AFP, Kroasia sempat dikejutkan oleh gol Alphonso Davies bek sayap Kanada saat pertandingan baru berjalan dua menit di Stadion Internasional Khalifa itu.

Catatan gol tercepat sejauh ini di Piala Dunia 2022, tidak mengendurkan semangat Kroasia dan kembali membangun motivasi untuk memenangkan pertandingan.

Namun, Kroasia berhasil menyamakan kedudukan lewat Hoffenheim Kramaric penyerang, dengan Marko Livaja menambah keunggulan runner-up Piala Dunia 2018 itu sebelum babak pertama usai.

Pada babak kedua, gol dari Kramaric dan Lovro Majer memastikan Krosia memetik kemenangan mereka di pertandingan itu, yang sebelumnya pada laga perdana hanya bermain imbang tanpa gol kontra Maroko.

Saat ini Kroasia berada di puncak Grup F di atas Maroko, berdasarkan selisih gol dan hasil imbang dalam pertandingan terakhir mereka melawan Belgia pada Kamis (24/11/2022), sehingga memastikan mereka melaju ke babak 16 besar.

Kroasia dan Maroko menjadi tim yang berada di dua besar. Keduanya mempunyai torehan serupa empat poin. Kanada pun dipastikan tidak bisa menyalip perolehan poin milik Kroasia dan Maroko, kendati menang pada pertandingan terakhir.

Sebelumnya, Qatar menjadi tim pertama yang gugur. Tim tuan rumah itu duduk di posisi paling buncit dengan nihil poin dalam klasemen Grup A Piala Dunia 2022. (ant/tik/bil)

Berita Terkait