Kamis, 25 April 2024

Klasemen Akhir Grup B: Iran dan Wales Tersingkir

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Matt Turner Kiper Amerika Serikat melakukan penyelamatan pada laga penyisihan Grup B Piala Dunia antara Amerika Serikat melawan Inggris di Stadion Al-Bayt, Jumat (25/11/2022). Foto: Antara

Dua pertandingan terakhir Grup B Piala Dunia 2022 berhasil dimenangkan oleh dua negara yang bersekutu dalam banyak hal, yakni Inggris dan Amerika Serikat.

Mengutip Antara, Inggris melaju ke babak 16 besar Piala Dunia untuk menghadapi Senegal. Tim asuhan Gareth Southgate membuahkan dua gol lewat Marcus Rashford dan Phil Foden setelah mengalahkan Wales 3-0, dan menduduki urutan buncit Grup B dengan satu poin.

Sementara Christian Pulisic membawa Amerika Serikat ke babak 16 besar ketika melawan Iran 1-0 dalam pertandingan lain Grup B yang penuh nuansa politik pada jam yang sama.

Pada menit ke-38, Pulisic mencetak gol semata wayang untuk meretas pertauan dengan juara Grup A, Belanda, dalam pertandingan 16 besar, Sabtu (3/12/2022) pekan ini.

Hasil akhir fase grup, Inggris memperoleh tujuh poin yang tak terkalahkan dalam tiga pertandingan saat mengalahkan Iran dan Wales, serta ditahan seri oleh Amerika Serikat.

AS menjadi runner-up grup ini setelah menang sekali melawa Iran dan dua kali seri dalam menghadapi Inggris dan Wales, sehingga mengumpulkan lima poin.

Iran berada satu tingkat lebih baik daripada Wales meskipun sama-sama menelan dua kali kekalahan. Bedanya Iran pernah menang, sedangkan pencapain terbaik Wales adalah seri.

Pada babak 16 besar, Inggris akan ditantang Senegal runner-up Grup A, sedangkan Amerika Serikat akan melawan Belanda juara Grup A. Kedua pertandingan akan berlangsung akhir pekan ini.

Sementara Iran dan Wales harus tersingkir dari turnamen ini.

Berikut klasemen akhir Grup B Piala Dunia.(ant/tik/iss)

Tangkapan layar hasil akhir klasemen Grup B Piala Dunia 2022. Foto: FIFA

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs