Jumat, 19 April 2024

Kosta Rika Menang 1-0, Cegah Kejutan Jepang di Piala Dunia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Takano Asano (kiri) Penyerang Jepang berebut bola dengan Keysher Fuller bek Kosta Rika pada pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Minggu. (27/11/2022). Foto: AFP

Timnas Kosta Rika mencegah langkah Jepang membuat kejutan di Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan tim Samurai Biru dengan skor 1-0 pada pertandingan Grup E di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Minggu (27/11/2022).

Pada pertandingan perdana Grup E, Jepang secara mengejutkan mengalahkan Jerman dengan skor 2-1, di sisi lain Kosta Rika dibantai Spanyol 0-7.

Satu-satunya gol yang dicetak oleh Kosta Rika pada pertandingan dicatatkan oleh Keysher Fuller pada menit ke-81, demikian catatan laman resmi FIFA yang Seperti dilansir Antara.

Berkat kemenangan itu Kosta Rika berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 dengan raihan tiga poin, sedangkan Jepang menduduki posisi kedua karena unggul dalam urusan selisih gol.

Pada pertandingan tersebut, Jepang sedikit lebih mendominasi dengan mencatatkan 57 persen penguasaan bola serta melepaskan 13 tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran.

Meski begitu, Kosta Rika yang kalah dalam penguasaan bola, mampu memanfaatkan dengan baik peluang yang mereka miliki karena dari empat tendangan ke gawang, satu di antaranya berbuah menjadi gol.

Pada babak pertama, Jepang mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan kerap memberikan ancaman ke gawang Kosta Rika, namun hingga turun minum skor 0-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, Jepang tetap bermain menyerang, akan tetapi usaha skuad Samurai Biru belum bisa memanfaatkan kesempatan yang mereka dapatkan.

Saat Jepang keasyikan menyerang, pada akhirnya Kosta Rika yang mampu unggul lebih dulu melalui tendangan Fuller seusai memanfaatkan umpan dari Yeltsin Tejeda pada menit ke-81 untuk keunggulan Los Ticos.

Di sisa waktu babak kedua, Kosta Rika berhasil mempertahankan keunggulan sehingga membuat Jepang menelan kekalahan pertama mereka di ajang Piala Dunia 2022.

Selanjutnya Kosta Rika akan menghadapi Jerman, Jumat (2/12/2022), sedangkan Jepang akan menjalani partai hidup mati kontra Spanyol di hari yang sama.(ant/gat/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs