Sabtu, 27 April 2024

Maroko Cetak Sejarah Melaju ke Semifinal Piala Dunia 2022

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Timnas Maroko merayakan keberhasilan melaju ke Semifinal Piala Dunia 2022. Foto: Instagram Timnas Maroko

Timnas Sepak Bola Maroko mencetak sejarah sebagai tim asal Benua Afrika yang berhasil mencapai babak Semifinal Piala Dunia.

Prestasi itu ditorehkan Hakim Ziyech dkk sesudah menang di babak Perempatfinal Piala Dunia 2022 atas Timnas Portugal, di Stadion Al Thumama, Qatar, Sabtu (10/12/2022), dengan skor tipis 1-0.

Gol tunggal kemenangan tim berjuluk ‘Singa Atlas’ dicetak Youssef En-Nesyri pada menit ke-42 lewat sundulan memanfaatkan umpan silang yang dikirim Yahia Attiyat-Allah.

Berdasarkan statistik pertandingan, Timnas Portugal lebih unggul penguasaan bola dengan 74 persen berbanding 26 persen, dan lebih banyak melepaskan tembakan dengan 12 kali berbanding 9 kali yang dibuat Maroko.

Bruno Fernandes gelandang serang Portugal hampir menyamakan kedudukan beberapa menit selepas gawangnya kebobolan, lewat tendangan setengah voli. Tapi, bola yang melesat kencang cuma membentur mistar gawang Maroko.

Cristiano Ronaldo striker berpengalaman Selecao das Quinas masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-51. Sayangnya, kehadiran CR7 di lapangan tidak mampu mengangkat permainan tim.

Pertahanan solid para pemain Maroko sukses menahan gempuran para pemain Portugal yang kebanyakan bermain di klub-klub elite Eropa, sampai laga bubar.

Sekadar informasi, di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, Maroko yang tergabung di Grup F melaju ke babak 16 besar usai bermain imbang melawan Timnas Kroasia, menang dari Belgia dan Kanada.

Sebelumnya, tim asal Afrika dengan performa apik seperti Kamerun (tahun 1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010), gagal menembus babak delapan besar turnamen sepak bola antarnegara paling prestisius di muka bumi.

Di babak Semifinal Piala Dunia 2022, Maroko akan berjumpa Timnas Prancis yang pada pertandingan perempatfinal berhasil menundukkan Timnas Inggris dengan skor 2-1.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs