Kamis, 2 Mei 2024

Polisi Izinkan Persib Gunakan Stadion GBLA untuk Liga 1 2022/2023

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Training match PERSIB antara Tim Biru dan Tim Abu-abu. Foto: Persib.co.id

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memberi izin kepada klub Persib Bandung untuk menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk mengarungi Liga 1 musim 2022/2023.

Kombes Pol Ibrahim Tompo Kabidhumas Polda Jawa Barat  mengatakan, izin itu diberikan berdasarkan hasil koordinasi bersama berbagai pihak termasuk manajemen Persib Bandung.

“Beberapa poin di antaranya dilaksanakan di Stadion GBLA. Penggunaan GBLA disesuaikan dengan rekomendasi dari PUPR,” kata Ibrahim di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (19/7/2022) mengutip Antara.

Ibrahim melanjutkan, meski mendapat izin Stadion GBLA hanya bisa dihadiri oleh suporter sebanyak 75 persen dari total kapasitas. Adapun Stadion GBLA tercatat dapat menampung sebanyak 38 ribu penonton jika terisi penuh.

Kabidhumas Polda Jabar itu menjelaskan stadion hanya bisa diisi dengan kapasitas 75 persen itu menyesuaikan dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kami menyesuaikan 75 persen dari kapasitas sepenuhnya. Sehingga bisa menampung 29 ribu,” kata dia.

Selanjutnya, kata Ibrahim polisi bakal melakukan pengamanan saat pertandingan Persib sesuai dengan perkiraan ancaman situasi guna menghindari jatuhnya korban sebagaimana pada pertandingan Persib sebelumnya di Stadion GBLA.

Selain itu, edukasi terkait regulasi pun bakal disampaikan kepada masyarakat atau suporter Persib agar tidak terjadi penumpukan antrean ketika masuk ke pintu stadion.

“Kita juga ada tanggung jawab menyelesaikan pertandingan tanpa ada masalah,” katanya.

Sebelumnya, dua orang suporter meninggal dunia di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, pada Jumat (17/6/2022), tepatnya pada laga Grup C Piala Presiden 2022 Persib melawan Persebaya.(ant/wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs