Kamis, 2 Mei 2024

Portugal Tantang Maroko di Perempat Final Usai Gasak Swiss 6-1

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Penyerang Portugal Goncalo Ramos (tengah) melakukan selebtasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Swiss di Lusail Stadium, Lusail, Doha pada Rabu (7/12/2022). Foto: AFP

Portugal melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menggasak Swiss 6-1 dalam pertandingan babak 16 besar di Lusail Stadium, Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Pertandingan kali ini, Goncalo Ramos memborong tiga gol, dengan tiga lainnya dicetak oleh Pepe, Raphael Guerreiro dan Rafael Leao. Sementara itu, Swiss mencetak gol hiburan melalui Manuel Akanji di babak kedua.

Mengutip Antara, kemenangan ini melengkapi 8 tim yang lolos ke perempat final. Nantinya, Portugal menghadapi Maroko di perempat final Piala Dunia yang digelar pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB.

Fernando Santos, pelatih Portugal memutuskan tidak menurunkan Cristiano Ronaldo kapten Portugal sekaligus megabintang dan menggantikan Goncalo Ramos pemain penyerang muda 21 tahun itu. Sementara ban kapten akan dipakai Pepe bek veteran.

Portugal bermain menyerang dan membuka kedudukan di menit 19. Pertaruhan Santos memainkan Ramos terbayar setelah dia mencetak gol tendangan yang menjebol pojok kanan gawang Swiss. Skor berubah 1-0.

Pada menit ke-30, Swiss nyaris menyamakan kedudukan lewat eksekusi tendangan bebas Xherdan Shaqiri. Sayangnya, laju bola bisa ditepis Diogo Costa kiper Portugal dan berujung sepak pojok.

Portugal berhasil menggandakan keunggulan setelah tiga menit berselang. Kali ini giliran Pepe dengan tandukannya setelah menyambar bola sepak pojok Bruno Fernandez.

Portugal unggul 2-0 atas Swiss hingga babak pertama usai.

Portugal kembali mendominasi jalannya pertandingan pada babak kedua. Pada menit ke-51, Ramos mencetak gol untuk kedua kalinya setelah menyelesaikan umpan tarik Diogo Dalot dari sisi kanan. Skor menjadi 3-0.

Pada menit ke-55, Portugal menambah kedudukannya lewat Raphael Guerreiro yang menggetarkan gawang Swiss melalui bola sepakan. Swiss tertinggal 0-4.

Swiss memperkecil ketertinggalan pada menit ke-58 setelah gol Manuel Akanji mencocor bola yang menyusul kemelut di depan gawang setelah sepak pojok. Kedudukan berubah 4-1.

Ramos menjadi bintang dalam pertandingan ini setelah mencetak gol ketiganya pada menit ke-67. Umpan Joao Felix diselesaikan Ramos dengan sontekan melewati kiper Yann Sommer usai untuk mengubah skor menjadi 5-1 untuk Portugal.

Unggul cukup jauh, Santos kemudian menurunkan Cristiano Ronaldo pada menit ke-73 menggantikan Ramos. Ronaldo sempat mencetak gol di menit 82, tetapi wasit menganulir bola karena offside.

Yann Sommer harus kembali memunggut bola dari gawangnya pada menit ke-90. Kali ini gol dicetak oleh Rafael Leao lewat sepakan terukurnya di dekat garis kotak penalti. Kedudukan menjadi 6-1.

Skor 6-1 sekaligus mengakhiri pertandingan untuk kemenangan Portugal atas Swiss dan akan menghadapi Maroko di perempat final.

Susunan Pemain:
Portugal (4-1-3-2): Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; William Carvalho; Bernardo Silva (Ruben Neves 81′), Otavio (Vitinha 74′), Bruno Fernandes (Rafael Leao 87′); Joao Felix (Ricardo Horta 74′), Goncalo Ramos (Cristiano Ronaldo 74′).

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Edimilson Fernandes, Fabian Schar (Eray Comert 46′), Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler (Denis Zakaria 54′), Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Djibril Sow (Haris Seferovic 54′), Ruben Vargas (Noah Okafor 66′); Breel Embolo (Ardon Jashari 89′).(ant/tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs