Rabu, 17 April 2024

PSSI Jatim Tekankan Pengembangan IT dalam Kursus Pengawas Pertandingan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi pra pertandingan sepak bola. Foto: Redhita suarasurabaya.net

Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur (Asprov Jatim) akan menekankan pengembangan Informasi Teknologi (IT) dalam kursus pengawas pertandingan, yang akan dilaksanakan pada 9-13 November 2022 mendatang.

Arif Anton Sujarwo Bidang Kompetisi Asprov Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jatim mengatakan, hal itu ditekankan agar pengawas pertandingan dapat menguasai IT dalam bertugas.

“Jadi, nanti seluruh laporan pertandingan bisa menggunakan sistem online, tidak manual lagi,” ucapnya kepada suarasurabaya.net, Rabu (19/10/2022).

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa dalam pelatihan tahun sebelumnya, Asprov PSSI Jatim sudah memberikan program tentang pengembangan IT, hanya saja jam materinya masih minim.

“Pada kursus pengawas pertandingan nanti, kita ingin menambah jam untuk materi IT, agar mereka benar-benar pintar dan menguasai,” ucapnya.

Program kursus yang akan diadakan selama lima hari itu, selain fokus pada pengembangan IT juga akan mempelajari materi pelaksanaan pertandingan di lapangan.

“Pelatihannya nanti dari pagi sampai malam, akan mempelajari infrastruktur stadion stantard-nya bagaimana? Soal pelaksanaan pertandingan jika ada tim yang telat harus dilakukan apa? Nah, itu nanti akan dipelajari semua,” imbuhnya.

Pelaksanaan kursus ini juga akan mewajibkan para pesertanya untuk praktik turun lapangan, supaya ketika betugas dalam pertandingan resmi dapat menerapkan materinya.

“Akan praktik pertandingan di stadion juga. Jadi, ketika ada tim yang protes, atau ketika ada kericuhan, supaya saat terjun turun ke lapangan sudah menguasai materinya dan paham apa yang harus dilakukan,” ucapnya.

Kursus yang akan diadakan di Jatim itu, akan dilatih secara langsung oleh instruktur dan asisten instruktur yang ditunjuk oleh PSSI pusat.

Kursus tersebut, kata Anton, disiapkan untuk kompetisi sepak bola yang ada di tingkat kota, kabupaten maupun Provinsi Jatim. Ia berharap, kursus pengawas pertandingan itu dapat memunculkan perangkat yang berkualitas, serta kompetisi juga dapat berjalan dengan baik. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs