Sabtu, 20 April 2024

Rumbay Amankan Tiket Perempat Final Australian Open 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay pebulu tangkis tunggal putra mengalahkan Lu Chia Hung pada babak pertama Australian Open 2022 di Quay Centre, Sydney, Rabu (16/11/2022). Foto: PBSI

Pebulu tangkis tunggal putra Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay melangkah ke perempat final Australian Open 2022 usai mengatasi perlawanan Soong Joo Ven pada babak 16 besar di Sydney, Kamis (17/11/2022).

Lewat laga berdurasi 71 menit, Rumbay sukses mengalahkan pebulu tangkis Malaysia itu dengan tiga gim 15-21, 21-18, 21-12.

“Tidak menyangka saya bisa menang, apalagi ini merupakan pertemuan pertama. Tadi kunci kemenangan saya adalah bermain tanpa beban. Saya juga lebih berani, ngotot, dan mengusung daya juang tinggi. Pokoknya, saya tidak mau kalah saja,” tutur Rumbay lewat informasi tertulis PP PBSI di Jakarta.

Mengutip Antara, pebulu tangkis peringkat ke-82 itu sempat tertinggal pada gim pertama akibat tak mampu mengatasi tekanan Soong, hingga pola permainannya tak bisa dikembangkan.

“Pada gim pertama, main saya selalu tertekan. Saya juga salah salah strategi. Awalnya saya mau berinisiatif lebih menyerang dan mengontrol permainan depan, ternyata dia yang malah bisa ngontrol permainan depan,” ucap Rumbay.

Setelah kalah pada gim awal, Rumbay justru memiliki keyakinan bisa mengalahkan lawan pada gim selanjutnya. Dengan pola permainan yang dikembangkan, dia bisa membuat Soong jadi lebih sulit untuk mengembalikan shuttlecock yang diarahkan jauh dari jangkauannya.

“Di gim kedua, saya batasi serangan lawan. Saya membuat lawan lebih sulit. Lawan bisa saya buat pontang-panting,” Rumbay menjelaskan.

Usai menyamakan kedudukan, Rumbay kembali mendominasi pada gim ketiga lewat pengendalian pukulan dan penempatan yang rapih. Ia juga mampu tampil habisan-habisan untuk membuat Soong kesulitan mematikan permainannya.

“Saat unggul jauh, saya makin yakin bisa mengalahkannya. Apalagi lawan juga tambah bingung untuk bisa mematikan permainan saya. Saya lebih berani dan menikmati pertandingan,” ujar Rumbay.

Pada perempat final, Rumbay akan bertemu Lu Guang Zu asal China. Sebagai persiapan, ia mengatakan harus menjaga kondisi fisik dan berani bermain capek saat menghadapi pebulu tangkis peringkat ke-19 itu.

Namun, kesuksesan Rumbay melalui babak kedua turnamen BWF Super 300 itu tak diikuti Christian Adinata, yang terhenti setelah dikalahkan Kodai Naraoka asal Jepang dengan dua gim langsung 11-21, 16-21 dalam pertandingan berdurasi 46 menit.

Dengan hasil ini, maka Rumbay menjadi satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia yang melaju ke babak perempat final Australian Open 2022.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs