Selasa, 16 Agustus 2022

Si-Babal Jadi Maskot Porprov Jatim 2022

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Karna Suswandi Bupati Situbondo didampingi Forkopimda setempat meluncurkan maskot Si-Babal di wisata Pantai Batu Hitam Taman Nasional Baluran Situbondo. Sabtu (5/3/2022). Foto: Antara

Karna Suswandi Bupati Situbondo resmi meluncurkan Si-Babal (banteng baluran) sebagai maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov Jawa Timur Ke-VII yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2022.

“Kami memilih maskot Si-Babal karena terinspirasi dari hewan yang menjadi ikon di Taman Nasional Baluran. Banteng yang merupakan hewan sosial dan punya kekuatan serta gesit dan tangguh,” kata Bung Karna, sapaan bupati, usai peluncuran Si-Babal di wisata Pantai Batu Hitam Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (5/3/2022).

Ia berharap atlet-atlet Situbondo menjunjung tinggi sportivitas serta etika dan budaya dalam berlaga untuk mencapai prestasi terbaik di ajang Porprov Jatim Ke-VII untuk Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil, dan berdaya).

“Kami ingin para atlet Situbondo bisa bertanding di ajang Porprov semaksimal mungkin, seperti layaknya Si-Babal,” ucapnya seperti yang dilansir Antara.

Pemilihan banteng Baluran sebagai maskot Porprov Jatim tahun ini, lanjut dia, selain untuk memberikan semangat kepada para atlet yang akan bertanding, juga untuk mendukung pelestarian banteng Jawa.

“Semoga maskot ini menjadi gambaran atlet Situbondo yang tangguh, sehingga mampu meraih banyak medali,” ujarnya.

Maskot Si-Babal digambarkan dengan menggunakan pakaian khas Situbondo, yang merupakan perpaduan antara beskap dan jas kemeja tutup dalam tradisi Jawa dan Madura, dipadu dengan pesak. Pakaian khas Situbondo ini dilengkapi odheng dan sembhung bermotif batik biota laut, yang melambangkan kekayaan laut Situbondo.

Usai peluncuran Si-Babal di Wisata Batu Hitam, maskot Si-Babal diarak menggunakan beberapa kendaraan jeep, mulai dari ujung timur Situbondo, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, hingga ke ujung barat Kecamatan Banyuglugur.(ant/tin/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Selasa, 16 Agustus 2022
25o
Kurs