Minggu, 25 Februari 2024

Warga Kroasia Sedih Tapi Bangga Dengan Pencapaian Timnya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain Kroasia tertunduk lesu setelah disingkirkan Argentia dalam pertandingan semi final Piala Dunia 2022 Qatar, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Foto: Reuters

Warga Kroasia bersedih setelah Argentina memadamkan harapan tim Piala Dunia mereka dalam kekalahan telak 3-0 di semifinal, tetapi emosi utama mereka adalah kebanggaan bahwa negara kecil itu telah mencapai empat besar.

Di tengah suhu di bawah nol derajat, beberapa ribu orang berkumpul di zona suporter alun-alun utama kota Zagreb untuk mendukung Luka Modric dan kawan-kawan melalui layar raksasa, Selasa (13/12/2022).

Dikutip Antara dari AFP pada Rabu (14/12/2022), banyak yang mengenakan kaus merah-putih kotak-kotak di dalam mantel musim dingin mereka.

Harapan mereka jelang pertandingan cukup tinggi, didorong oleh kemenangan 4-2 melawan Brazil melalui adu penalti pada hari Jumat.

Banyak orang Kroasia berharap skuad yang dipimpin oleh gelandang bintang Luka Modric dapat mengulangi kesuksesan 2018 dan mencapai final Piala Dunia, bahkan melangkah lebih jauh.

“Jika kami bisa mengalahkan Brazil, kami juga bisa mengalahkan Argentina,” kata Viktor Gligo seorang karyawan McDonald’s kepada AFP sebelum pertandingan.

Tetapi pada jeda paruh waktu, ketika Argentina memimpin 2-0, kekecewaan mulai terjadi.

“Kecewa karena Kroasia tidak menunjukkan level permainan yang sama seperti saat melawan Brazil,” ucap Ruzica Doroc yang berusia 62 tahun.

Kemudian dia bersorak memikirkan play-off tempat ketiga yang akan datang ketika Kroasia akan menghadapi tim yang kalah dari semifinal kedua antara Prancis dan Maroko.

“Tapi untuk meraih tempat ketiga sudah menjadi sesuatu. Kami luar biasa,” imbuhnya.

Mia Sragalj siswa sekolah menengah berusia 16 tahun juga mengatakan hal yang sama.

“Kecewa tetapi juga bangga karena kami melangkah jauh,” tuturnya kepada AFP.

Meski kalah, para pendukung sempat merayakannya di alun-alun tempat mereka menyanyikan lagu-lagu suporter dan menyalakan flare.

Beberapa fans kesal dengan penalti yang diberikan saat Dominik Livakovic kiper Kroasia bertabrakan dengan Julian Alvarez.

“Penalti seharusnya tidak diberikan, kiper kami berada di tempat yang tepat,” kata Jan Mesic penggemar berusia 18 tahun kepada AFP.

“Tapi, Argentina bermain bagus, mereka adalah tim yang lebih baik malam ini,” imbuhnya.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
25o
Kurs