Sabtu, 24 Februari 2024

Bagnaia Kembali Juara dan Pertahankan Gelar di MotoGP Belanda

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Francesco Bagnaia Pembalap Ducati Lenovo merayakan kemenangannya di MotoGP Belanda, di Sirkuit TT Assen, Belanda, (25/6/2023). Foto: Antara

Francesco Bagnaia Pembalap Ducati Lenovo berhasil mempertahankan gelarnya sebagai penakluk Sirkuit Assen dengan juara selama dua tahun berturut-turut di MotoGP Belanda tahun ini, Minggu (25/6/2023).

Bagnaia sukses finis di urutan pertama usai menyelesaikan balapan dalam waktu 40 menit 37,64 detik dengan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) berada di belakangnya dengan jarak waktu hanya 1,223 detik dari sang juara.

“Rasanya fantastis! Ini bukan balapan yang mudah karena semuanya juga berjuang keras untuk menjadi yang terdepan. Saya sangat menyukai lintasan ini, pun dengan para penontonnya. Assen sangat luar biasa!” kata Bagnaia, dikutip Antara.

Brad Binder Pembalap Red Bull KTM yang seharusnya berdiri di podium bersama dua pebalap Ducati di depannya, harus merelakan posisinya diambil oleh Aleix Espargaro (Aprilia Racing) usai ia diberikan penalti karena melebihi batas trek track limit.

Binder yang tampil kuat di balapan utama hanya terpaut 1,528 detik dari Bagnaia, sementara Espargaro yang akhirnya meraih posisi ketiga memiliki selisih waktu 1,925 detik dari Pecco.

Melengkapi daftar 10 besar, ada Jorge Martin (Prima Pramac) di posisi kelima dengan selisih waktu 1,934 detik dari sang juara. Lalu di belakangnya ada Alex Marquez (Gresini Racing), Luca Marini (Mooney VR46), Takaaki Nakagami (LCR Honda), Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha), dan Augusto Fernandez (GASGAS Factory Racing Tech3).

Dengan kemenangan ini, Bagnaia masih memimpin klasemen kejuaraan untuk pembalap musim ini dengan total 194 poin. Martin berada di belakangnya dengan 159 poin, Bezzecchi di posisi ketiga dengan selisih satu poin saja dari Martin. Binder dan Johann Zarco masing-masing berada di posisi keempat dan kelima dengan 114 dan 109 poin.

Di sisi lain, banyak kontak antar pembalap juga menghiasi GP Belanda musim ini, dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Zarco yang saling bertabrakan dan keduanya tidak dapat menyelesaikan balapan (DNF).

Selain itu, Jack Miller (Red Bull KTM) juga tersingkir terlebih dahulu di awal balapan usai terjatuh, pun dengan Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang juga terjatuh usai mencoba mengamankan lima posisi terdepan. Rekan satu tim Bagnaia, Enea Bastianini juga tidak menyelesaikan balapan usai 20 lap, diduga karena masalah teknis pada motornya. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs